Monday, October 17, 2011

Buktikan bahwa tipe RAM pada laptop & PC berjenis DRAM (Dynamic RAM)

Kalimat yang menjadi judul di atas meluncur dari dosen Arsitektur dan Organisasi Komputer ketika pembahasan mengenai memory. Terus terang susah-susah gampang menjawab pertanyaan tersebut, karena diawali dengan kata perintah "buktikan!!"..

Sebenarnya, klo pengen menjawab sambil lalu, bisa saja kita jelaskan dari spesifikasi RAM yang banyak tertera di brosur pameran. Contoh :
RAM : 1 GB DDR SDRAM

Itu kan artinya RAM tersebut sebesar 1 GB bertipe DDR SDRAM atau (Double Data Rate - Synchronous Dynamic RAM). Tuh ada kata "Dynamic RAM"nya. Berarti DRAM kan?! :)

Oke deh.. Untuk mencoba membuktikannya, kita awali dari pembahasan DRAM.
DRAM (Dynamic Random Access Memory; Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling banyak dipakai untuk komputer workstation dan PC (http://searchstorage.techtarget.com/definition/DRAM). DRAM menyimpan data pada sebuah kapasitor. Seperti kita ketahui. Kapasitor dapat bernilai 0 dan 1. Bernilai 0 jika kapasitor dalam keadaan discharged dan bernilai 1 jika dalam keadaan charged. Pada saat kapasitor bernilai 1 itulah kapasitor tersebut dapat menyimpan bit-bit data.

Namun karena sifat kapasitor yang mudah kehilangan catu daya (efeknya adalah kehilangan kekuatan untuk menyimpan data) maka dibutuhkan suatu mekanisme refresh untuk me-charge kembali kapasitor agar kembali bernilai 1. Mekanisme refresh inilah yang membedakan DRAM dengan SRAM (Static RAM).

Dahulu, DRAM dibuat dalam bentuk DRAM IC individual. Namun pada perkembangannya, DRAM dibuat dalam bentuk multichips plugin modul. Berikut adalah tipe-tipe modul standar DRAM :
  • Dual In-line Package (DIP) -- merupakan produk yang tersusun dari DRAM IC individu. Terdiri dari 16 pin. Digunakan oleh pre-FPRAM.
  • Single In-line Pin Package (SIPP)
  • Single In-line Memory Module (SIMM). SIMM 30 pin digunakan oleh FPRAM. SIMM 72 pin digunakan oleh EDO-RAM.
  • Dual In-line Memory Module (DIMM). DIMM 168-pin (SDRAM). DIMM 184-pin (DDR SDRAM). DIMM 240-pin (DDR2 SDRAM/DDR3 SDRAM)
  • Rambus In-line Memory Module (RIMM). RIMM 184-pin (RDRAM)
  • Small outline DIMM (SO-DIMM). 
    • SO-DIMM 144-pin (64-bit) used for PC100/PC133 SDRAM
    • SO-DIMM 200-pin (72-bit) used for DDR and DDR2
    • SO-DIMM 204-pin (64-bit) used for DDR3
Dari penjelasan DRAM di atas, terlihat bahwa modul-modul DRAM digunakan untuk membangun RAM berjenis SIMM (untuk RAM bertipe Edo-RAM), DIMM (untuk RAM bertipe SDRAM hingga DDR) dan SO-DIMM (untuk RAM yang digunakan laptop/netbook). Nah..
Berarti sekarang dapat disimpulkan bahwa RAM yang terdapat di laptop dan PC adalah RAM yang berjenis DRAM :)

No comments:

Post a Comment