Friday, June 2, 2017

Membuat rancangan rangkaian PIR (Passive Infra Red) di ISIS Proteus

Proteus adalah salah satu software elektronika. ISIS merupakan singkatan dari Intelligent Schematic Input System, merupakan salah satu program simulasi yang terintegrasi dengan Proteus. ISIS dirancang sebagai media untuk menggambar skematik rangkaian eletronik yang sesuai dengan standart internasional. Dengan ISIS Proteus, kita bisa membuat skematik rangkaian elektronika dan sekaligus mensimulasikan rangkaian tersebut. Bahkan sekaligus membuat layout PCB.

Sensor gerak PIR (Passive Infra Red) menggunakan sensor inframerah passive yang mendeteksi adanya perubahan gerak. Sehingga jika ada orang atau binatang yang mendekati sensor PIR, otomatis sensor ini akan “ON” atau mendeteksi adanya inframerah pasif. Kali ini saya akan share mengenai pembuatan rangkaian sensor gerak pengontrol lampu sederhana dengan menggunakan ISIS Proteus.


Namun, sebelum membuat rancangan skematik, harus mendownload PIR library ISIS Proteus di URL : https://www.theengineeringprojects.com/2016/01/pir-sensor-library-proteus.html atau https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxYkE3NXcwMG9wQ1E/view?usp=sharing.

File library PIR yang telah di download

Kemudian file-file library PIR yang telah didownload tersebut harus dikopikan ke folder library yang alamatnya diseperti ditunjukkan berikut:

alamat folder library Proteus

Sekarang pada ISIS Proteus sudah bisa menampilkan komponen PIR. Anda bisa melakukan search pada Pick Devices.
Komponen PIR telah ada pada ISIS Proteus

Selanjutnya agar logika komponen PIR bisa running, maka file library .hex perlu di-embed-kan pada program ISIS Proteus melalui menu edit properties.
Menu Edit Properties untuk meng-embed-kan logika program PIR

Program File (yang dilingkari) di arahkan ke folder library

No comments:

Post a Comment