Monday, October 17, 2011

Buktikan bahwa tipe RAM pada laptop & PC berjenis DRAM (Dynamic RAM)

Kalimat yang menjadi judul di atas meluncur dari dosen Arsitektur dan Organisasi Komputer ketika pembahasan mengenai memory. Terus terang susah-susah gampang menjawab pertanyaan tersebut, karena diawali dengan kata perintah "buktikan!!"..

Sebenarnya, klo pengen menjawab sambil lalu, bisa saja kita jelaskan dari spesifikasi RAM yang banyak tertera di brosur pameran. Contoh :
RAM : 1 GB DDR SDRAM

Itu kan artinya RAM tersebut sebesar 1 GB bertipe DDR SDRAM atau (Double Data Rate - Synchronous Dynamic RAM). Tuh ada kata "Dynamic RAM"nya. Berarti DRAM kan?! :)

Oke deh.. Untuk mencoba membuktikannya, kita awali dari pembahasan DRAM.
DRAM (Dynamic Random Access Memory; Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling banyak dipakai untuk komputer workstation dan PC (http://searchstorage.techtarget.com/definition/DRAM). DRAM menyimpan data pada sebuah kapasitor. Seperti kita ketahui. Kapasitor dapat bernilai 0 dan 1. Bernilai 0 jika kapasitor dalam keadaan discharged dan bernilai 1 jika dalam keadaan charged. Pada saat kapasitor bernilai 1 itulah kapasitor tersebut dapat menyimpan bit-bit data.

Namun karena sifat kapasitor yang mudah kehilangan catu daya (efeknya adalah kehilangan kekuatan untuk menyimpan data) maka dibutuhkan suatu mekanisme refresh untuk me-charge kembali kapasitor agar kembali bernilai 1. Mekanisme refresh inilah yang membedakan DRAM dengan SRAM (Static RAM).

Dahulu, DRAM dibuat dalam bentuk DRAM IC individual. Namun pada perkembangannya, DRAM dibuat dalam bentuk multichips plugin modul. Berikut adalah tipe-tipe modul standar DRAM :
  • Dual In-line Package (DIP) -- merupakan produk yang tersusun dari DRAM IC individu. Terdiri dari 16 pin. Digunakan oleh pre-FPRAM.
  • Single In-line Pin Package (SIPP)
  • Single In-line Memory Module (SIMM). SIMM 30 pin digunakan oleh FPRAM. SIMM 72 pin digunakan oleh EDO-RAM.
  • Dual In-line Memory Module (DIMM). DIMM 168-pin (SDRAM). DIMM 184-pin (DDR SDRAM). DIMM 240-pin (DDR2 SDRAM/DDR3 SDRAM)
  • Rambus In-line Memory Module (RIMM). RIMM 184-pin (RDRAM)
  • Small outline DIMM (SO-DIMM). 
    • SO-DIMM 144-pin (64-bit) used for PC100/PC133 SDRAM
    • SO-DIMM 200-pin (72-bit) used for DDR and DDR2
    • SO-DIMM 204-pin (64-bit) used for DDR3
Dari penjelasan DRAM di atas, terlihat bahwa modul-modul DRAM digunakan untuk membangun RAM berjenis SIMM (untuk RAM bertipe Edo-RAM), DIMM (untuk RAM bertipe SDRAM hingga DDR) dan SO-DIMM (untuk RAM yang digunakan laptop/netbook). Nah..
Berarti sekarang dapat disimpulkan bahwa RAM yang terdapat di laptop dan PC adalah RAM yang berjenis DRAM :)

Saturday, October 15, 2011

Test Power Supply Unit (PSU)

Dapat info berharga dari blog lain (http://agussale.com/tes-kerusakan-power-supply-unit). Eman-eman klo cuman dibaca begitu saja. Bisa lupa. Karenanya tak coba menulis ulang dalam gaya bahasa sendiri.. Check it out..

Jika suatu saat ketika tombol Power On dipencet namun ternyata PC kesayangan anda diam saja tanpa memberikan reaksi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kerusakan PSU, tapi bisa juga bukan.. Bisa jadi prosesornya, bisa jadi motherboardnya.. Nah lo, terus yang mana yang rusak?



Nah ada satu teknik sederhana untuk tes apakan PSU kita rusak atau masih berfungsi. Disebut sederhana, karena tidak perlu alat (misal : multitester) yang belum tentu kita memilikinya. Disebut sederhana, karena untuk melakukan tes ini hanya butuh kabel. Sembarang kabel kecil berukuran 10/15 cm saja.



Oke kita mulai..
Pertama, kita copot dulu kabel AC In dari stop kontak ke PSU. Kemudian copot juga kabel output PSU dari Mainboard.

Berikutnya siapkan kabel kecil yang telah dikupas sedikit dikedua ujungnya. Ujung satu dari kabel kecil ini dicolokkan ke konektor yang berwarna hijau. Kenapa harus hijau? Karena kabel hijau itu berfungsi sebagai DC-ON.

Sedangkan ujung dari kabel kecil lainnya dicolokkan ke konektor yang berwarna hitam (bebas, hitam yang mana saja). Kenapa harus hitam? Good Question, dlm ilmu elektronika, kabel hitam biasa difungsikan sebagai kabel ground. Lalu apa tidak boleh dicolokkan ke kabel lain?

Wah, kritis nih.. :)
Boleh, asalkan satu ujung kabel kecil di warna hijau, lainnya boleh dicolokkan ke konektor warna lain.. Sudah?



Jika sudah, kemudian colokkan kabel AC In dari stop kontak ke PSU. Jika kipas PSU nyala berputar, berarti PSU kita masih OK. Jika tidak, coba periksa sekali lagi apa kabel kecil kita sudah nancap dengan baik ke konektor? Jika iya, berarti ya... sudah saatnya kita beli PSU baru.. :)

Wednesday, October 5, 2011

Intelligent Agent (Sebuah teori Kecerdasan Buatan dalam Software Engineering)


Ternyata apa yang selama ini dijalani bukan hanya menjadikan seperti katak dibawah tempurung, tapi seperti katak dibawah tempurung dibawah helm. Dunia diluar sana jauh lebih berwarna ternyata. Hehe..

Dikira intelligent agents adalah sebuah teori baru dalam software engineering, tapi ternyata diluar sana sudah sedemikian pesat. Okelah, gak apa2. Kita shared saja apa sudah diketahui. Silahkan..

Definisi
Guralnik (1983) menjabarkan definisi agen yang diperolehnya dari kamus Webster’s New World Dictionary, sebagai :
A person or thing that acts or is capable of acting or is empowered to act, for another

Dari kalimat tersebut Wahono (2001) menjabarkan dua poin penting pengertian agen :

  • Agen mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu tugas/pekerjaan
  • Agen melakukan tugas/pekerjaan tersebut dalam kapasitas untuk sesuatu atau untuk orang lain.

Kemudian Caglayan et al., (1997), mendefinisikan software agent sebagai : Suatu software komputer yang memungkinkan user mendelegasikan tugas/pekerjaan kepadanya dan software komputer tersebut mampu bekerja secara mandiri (autonomously).
Pada prakteknya dalam suatu sistem dimungkinkan terdapat lebih dari satu agent yang saling bekerja sama. Sistem agent dengan lebih dari satu agent disebut multi agent system (MAS). Multi agent System adalah suatu paradigma pengembangan sistem dimana dalam suatu komunitas sistem terdapat beberapa agent, yang saling berinteraksi, bernegosiasi dan berkoordinasi satu sama lain dalam menjalankan pekerjaan (Romi, 2001)

Karakteristik Agent
Wahono (2001) merangkum karakteristik yang dimiliki software-software agent saat ini :
  1. Autonomy
    Agent harus dapat melakukan tugas secara mandiri tanpa dikontrol secara langsung oleh user, agent lain ataupun oleh lingkungan (environment). Woolridge et al., (1995) menyatakan agent harus dapat mengontrol aksi yang mereka perbuat. Dan kemampuan ini berbanding lurus dengan intelligence dari agent.
  2. Intelligence, Reasoning dan Learning
    Karakteristik ini merupakan karakteristik dasar untuk bisa disebut agent. Pada konsep intelligence, ada tiga komponen yang harus dimiliki : internal knowledge base, kemampuan reasoning berdasar pada knowledge base yang dimiliki dan kemampuan learning untuk beradaptasi terhadap lingkungan.
  3. Reactivity
    Karakteristik  agent  yang lain adalah kemampuan untuk bisa cepat beradaptasi dengan adanya perubahan informasi yang ada didalam suatu lingkungan (environment). Lingkungan itu bisa mencakup:  agent lain, user, adanya informasi dari luar, dsb  (Brenner et. al., 1998)
  4. Proactivity dan Goal-Oriented
    Proactivity boleh dikata adalah kelanjutan dari sifat  reactivity.  Agent tidak hanya dituntut bisa beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, tetapi juga harus mengambil inisiatif langkah penyelesaian apa yang harus diambil  (Brenner et. al., 1998). Untuk itu  agent  harus didesain memiliki tujuan  (goal) yang jelas, dan selalu berorientasi kepada tujuan yang diembannya (goal-oriented).
  5. Communication and Coordination Capability
    Agent harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan user dan juga  agent  lain. Misalkan masalah komunikasi dengan user (termasuk user interface dan perangkatnya), kemudian masalah koordinasi, dan kolaborasi dengan agent lain menjadi isu penting dalam pengembangan Multi Agent System (MAS). Untuk dapat berkoordinasi dengan agent lain dalam menjalankan tugas, diperlukan bahasa standard untuk berkomunikasi. Salah satu contoh bahasa dan protokol komunikasi antar agent adalah Knowledge Query and Manipulation Language (KQML) dan Knowledge Interchange Format (KIF).

Ada satu contoh aplikasi sederhana yang cukup menarik. Namanya Ant Lines. 
Screen shootnya seperti berikut :

Contoh program ini memodelkan perilaku semut ketika mengikuti pemimpinnya menuju sumber makan. Si pemimpin bergerak menuju makanan secara acak, kemudian dengan jeda kecil, semut kedua mengikuti dengan jalur langsung menuji sipemimpin berada. Setiap semut berikutnya mengikuti semut didepannya dengan cara yang sama.
Meskipun si semut pemimpin mungkin mengambil jalur yang sangat memutar untuk menuju sumber makanan, secara mengejutkan jejak semut mengadopsi bentuk yang halus. Meskipun belum jelas apakah model ini adalah model biologis akurat dari perilaku semut, ini adalah eksplorasi matematika dari perilaku yang muncul dari serangkaian agen yang saling mengikuti secara serial.

Friday, September 23, 2011

Artificial Intelligence (Gasal 2011)

Materi Perkuliahan :
  1. Kontrak Kuliah
    GBPP MK Artificial Intelligence/Kecerdasan Tiruan bisa download disini : http://www.4shared.com/document/GdwlUC5_/gbpp-kecerdasan-buatan.html
  2. Pengantar dan Penjelasan Umum AI
    Materi Penjelasan Umum AI bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/Yeefm4x3/Pert1-PendahuluanAI.html
    Pada bagian ini dibahas mengenai definisi dan history dari bidang ilmu AI. Kemudian ada pembahasan mengenai komponen dasar AI, perbedaan antara AI dan kecerdasan alami serta contoh-contoh penerapan teknologi AI yang telah ada di dunia ini.
  3. Masalah dan Ruang Keadaan (atau Problems and State Space)
    Materi Masalah dan Ruang Keadaan bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/qiTb60Uc/pert2-MasalahDanRuangKeadaan.html
    Inti dari bagian ini adalah sharing mengenai teknik penyelesaian masalah. Bagaimana kita dapat mendefinisikan sebuah masalah dengan tepat. Ruang keadaan atau state space dibahas tuntas untuk menguraikan masalah hingga tujuan yang diharapkan.
  4. Pelacakan/Pencarian (Searching)
    Materi bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/7SJS9xfZ/pert3-PencarianDanPelacakan.html
    Inti dari materi ini adalah mencari solusi dari suatu permasalahan melalui sekumpulan kemungkinan ruang keadaan (state space)

    Oke, sebelum kita lanjutkan ke materi selanjutnya. Saya ingin anda-anda mengerjakan tugas mandiri ini terlebih dahulu.

    Jelaskan dengan disertai contoh kasus, mengapa permasalahan harus dijabarkan ke dalam ruang keadaan dan diperdalam dengan teknik pencarian? Bagaimana jika tidak menggunakan kedua metode tersebut?

    Anda jawab bersama teman (1 lembar jawaban dikerjakan oleh 2 mahasiswa) dan dikirim ke email saya paling lambat hari Kamis 27 Okt 2011 jam 17.00 WIB.
  5. Representasi Pengetahuan

    ==================================
    Kisi-kisi ujian mid AI gasal 2011 :
    • Dua soal mengenai logika teori. Anda akan diminta untuk menjelaskan sebuah teori yang ada didalam dunia AI disertai dengan contoh.
    • Anda juga diminta membuat ruang keadaan untuk dua buah kasus yang sudah saya tentukan di soal. Jadi banyak latihan membuat ruang keadaan akan sangat membantu
    • Anda juga akan diminta untuk membuat pencarian terhadap sebuah kasus.
    • Total soal ada 4 untuk dikerjakan selama 90 menit.
    • Semoga sukses..
    ==================================
    Jawaban mid gasal 2011, bisa anda download disini : http://www.4shared.com/document/NBoPqxAL/mid__ganjil_1112_ai-jawaban.html
    Untuk nilainya sabar ya.. Sedang saya perjuangkan.. :)
    ==================================
    • Ketidakpastian
      Inti dari materi ini adalah bagaimana merepresentasikan permasalahan yang mengandung unsur ketidakpastian. Materi ini bisa anda download disini : http://www.4shared.com/document/dvMcHir5/pert6-representasi-ketidakpast.html
    • Sistem Pakar
      Slide kuliah bisa didownload disini : http://www.4shared.com/office/aPCNJHdj/pert7-sistem-pakar.html. Silahkan juga dibaca suplement bacaan yang saya ambil dari tulisan Ari Fadli di web IlmuKomputer.Com : http://www.4shared.com/office/C249viP1/pert7-Supl-Ari_Fadli_Sistem_Pa.html.
    • Logika Samar
    • Jaringan Syaraf Tiruan
      Slide kuliah silahkan didownload disini : http://www.4shared.com/office/f40rilEI/pert9-jst.html
    • Algoritma Genetika
    ===========================
    Nilai akhir anda :
    UAS MID Harian Skala 100 Skala 5 Huruf
    anthony 70 72 80 85 4 A
    eksyan 65 56 69 72.85714 3.2 B
    pranoto 73 62 83 85 4 A
    ali 60 68 69 73.42857 3.4 B
    tri putra 78 87 79 85 4 A
    maryanto 69 67 75 80 3.7 B
    agus 67 73 67 78.28571 3.7 B
    bayu 70 69 69 79.42857 3.7 B
    febri 55 64 56 65.71429 2.6 C
    hendra 57 38 60 60.57143 2.1 C

    DSS (Gasal-2011)

    Materi Pertemuan :

    1. Kontrak Kuliah, Penjelasan Materi secara global (GBPP dan SAP)
      GBPP DSS untuk semester gasal 2011/2012 bisa didownload disini : (http://www.4shared.com/file/kWEyzVSQ/gbpp-dss.html)
    2. Dasar Konseptual DSS
      Materi bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/DGva-S2d/pert1-PengantarDSS.html
    3. Kerangka DSS
      Materi bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/w0lVlCL2/pert2-Kerangka_DSS.html 

      Sebelum masuk ke sub-bab berikutnya, saya ingin ada tugas mandiri mahasiswa terlebih dahulu. Berikut deskripsi tugasnya :
      Ada banyak metode single DSS : promethe, fuzzy, AHP, topsis, dll. Sedang metode-metode untuk group DSS : borda, Delphi group, criteria rating, dll. Anda dan seorang teman saya minta mencari artikel, paper, jurnal yang membahas kasus single DSS dan group DSS.

      Dari kedua paper yang anda peroleh, saya minta anda buat artikel mengenai case dan metode cara penyelesaiannya.

      Artikel tersebut, harus sudah anda emailkan ke saya paling lambat hari Kamis 27 Okt 2011 sore pukul 17.00 WIB agar Sabtu depan bisa kita diskusikan. Oke Guys, silahkan anda kaji secara mandiri terlebih dahulu..
    4. Model-model/metode single DSS
      • Fuzzy
        Saya menggunakan file yang saya temukan di internet untuk menyampaikan materi fuzzy pada anda semua.
        - Slide kuliah bisa anda download disini
        - Sebagai supplement, anda bisa membaca pengantar fuzzy yang bisa didownload disini

      =======================================
      Untuk kisi-kisi ujian mid gasal 2011 :
      • Persiapkan paper terkait DSS, paper nantinya ikut dikumpulkan
      • Pelajari skema sistem DSS
      • Pelajari kasus-kasus DSS dengan metode fuzzy
      • Pelajari komponen sistem DSS
      • Total ada 6 soal, dengan point maksimal 100 dalam waktu maksimal 100 menit
      • Semoga sukses..
      =======================================
      Jawaban UTS, bisa anda download disini : http://www.4shared.com/document/Jmi0cbTb/mid_ganjil_1112_spk-jawaban.html
      =======================================

      • Pengantar GDSS (Group Decision Support System)
        - Materi kuliah bisa didownload di sini : http://www.4shared.com/office/mqgf8sbF/pert6-GDSS.html
        /pert61-ModellingGDSS-Borda.html
      • Model-model/metode GDSS
        - Modelling perhitungan GDSS bisa didownload disini : http://www.4shared.com/office/AI7FWTem
      =================================
      Jawaban ujian akhir, bisa anda download disini : http://www.4shared.com/office/MvCnfVYG/jawaban-uas_ganjil_1112_spk-fo.html
      Nilai akhir anda :
      UAS MID harian Skala 100 Skala 5 Huruf
      anthony 64 91 75 73.5 3.4 B
      eksyan 41 50 75 51.75 1.7 D
      pranoto 59 83 85 71.5 3.2 B
      ali 40 52 65 49.25 1.5 D
      tri putra 80 90 80 82.5 3.9 B
      maryanto 70 80 80 75 3.5 B

      Thursday, September 22, 2011

      Profil, Sejarah dan Arsitektur Android OS


      Android adalah sebuah Operating System (OS) yang dikembangkan oleh Google untuk mobile device atau yang lebih kita kenal sebagai smartphone. OS ini bersifat open source.

      Salah satu kelebihan dari Android adalah ketersediaan aplikasi dari berbagai macam kategori: sosial, hiburan, permainan, dsb. Para developer bisa mengembangkan aplikasi sesuai dengan minat mereka masing-masing menggunakan Software Development Kit (SDK) yang telah didistribusikan oleh Google. Karena Android adalah OS dengan bentuk open source, OS ini dapat terus dikembangkan dan memiliki evolusi yang sangat cepat sesuai dengan pertambahan jumlah aplikasi.

      Sejarah Android

      Pada bulan Juli tahun 2005, Google mengakuisisi banyak perusahaan start-up, termasuk sebuah perusahaan kecil perancang software untuk mobile phones bernama Android Inc. Salah satu pendiri Android Inc adalah Andy Rubin, yang sekarang menjabat sebagai Director of Mobile Platforms di Google.

      Akuisisi Android Inc. diikuti oleh rumor tentang rencana Google membuat handsetnya sendiri untuk membantu pengembangan fungsi mobile searchnya. Kabarnya juga, handset ini akan menghadirkan location-based servicesserta mengimplementasikan semua ide dari Google Labs, termasuk dua aplikasi terfavorit, Maps dan Mail.

      Setelah penantian cukup panjang, akhirnya perusahaan yang berbasis di California ini mengumumkan pada 5 November 2007 bahwa mereka sedang merancang sebuah open-source OS baru bernama Android untuk bersaing dengan Symbian, Microsoft, dan lain-lain.

      Arsitektur Android

      Google menggambarkan Android seperti sebuah tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini terdiri dari beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi. Inilah susunan Android dilihat dari lapisan dasar hingga lapisan paling atas!

      Di lapisan teratas ada aplikasi itu sendiri. Di lapisan inilah kamu akan menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti menelepon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak, dan lain-lain. Inilah lapisan yang akan sering diakses oleh para pengguna. Mereka mengakses fungsi-fungsi dasar tersebut melalui user interface.

      Google menjabarkan aplikasi ke dalam empat blok bangunan dasar (tidak semua aplikasi mempunyai keempatnya) yaitu :

      • Activities ketika sebuah aplikasi memunculkan screen di layar. Sebagai contoh, sebuah aplikasi GPS mempunyai screen peta dasar, screen rencana perjalanan, dan screen rute di atasnya. Ketiga penampakan screen inilah yang disebut activities.
      • Intents mekanisme perpindahan dari suatu activity ke activity lainnya. Sebagai contoh ketika merencanakan perjalanan pada aplikasi GPS, intents akan menginterpretasi input dan mengaktifkan screen rute di atas screen peta.
      • Services serupa dengan service di PC dan server, program yang berjalan di belakang layar, tanpa interferensi dari pengguna.
      • Content Provider yaitu mekanisme yang memungkinkan sebuah aplikasi berbagi informasi dengan aplikasi lainnya.

      Fitur-Fitur Android :

      • Application framework mendukung pemakaian komponen-komponen yang mudah diganti dan digunakan kembali
      • Dalvik virtual machine dioptimalkan untuk perangkat mobile
      • Integrated browser dirancang berdasarkanengine browser open source WebKit
      • Optimized graphics didukung oleh custom 2D graphics library; 3D graphics berdasarkan OpenGL ES 1.0 specification (dukungan hardware acceleration optional)
      • SQLite untuk penyimpanan database terstruktur
      • Media support : unuk mendukung berbagai audio, video, dan still image formats (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
      • GSM Telephony, Bluetooth, EDGE, 3G, and WiFi (hardware dependant)
      • Kamera, GPS, compass, and accelerometer (hardware dependant)
      • Rich development environment meliputi device emulator, tools untuk debugging, memory dan performance profiling, serta plugin untuk Eclipse IDE.


      #Disadur dari http://apac.sec.samsung.com/id/galaxyseries/