Saturday, October 15, 2011

Test Power Supply Unit (PSU)

Dapat info berharga dari blog lain (http://agussale.com/tes-kerusakan-power-supply-unit). Eman-eman klo cuman dibaca begitu saja. Bisa lupa. Karenanya tak coba menulis ulang dalam gaya bahasa sendiri.. Check it out..

Jika suatu saat ketika tombol Power On dipencet namun ternyata PC kesayangan anda diam saja tanpa memberikan reaksi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kerusakan PSU, tapi bisa juga bukan.. Bisa jadi prosesornya, bisa jadi motherboardnya.. Nah lo, terus yang mana yang rusak?



Nah ada satu teknik sederhana untuk tes apakan PSU kita rusak atau masih berfungsi. Disebut sederhana, karena tidak perlu alat (misal : multitester) yang belum tentu kita memilikinya. Disebut sederhana, karena untuk melakukan tes ini hanya butuh kabel. Sembarang kabel kecil berukuran 10/15 cm saja.



Oke kita mulai..
Pertama, kita copot dulu kabel AC In dari stop kontak ke PSU. Kemudian copot juga kabel output PSU dari Mainboard.

Berikutnya siapkan kabel kecil yang telah dikupas sedikit dikedua ujungnya. Ujung satu dari kabel kecil ini dicolokkan ke konektor yang berwarna hijau. Kenapa harus hijau? Karena kabel hijau itu berfungsi sebagai DC-ON.

Sedangkan ujung dari kabel kecil lainnya dicolokkan ke konektor yang berwarna hitam (bebas, hitam yang mana saja). Kenapa harus hitam? Good Question, dlm ilmu elektronika, kabel hitam biasa difungsikan sebagai kabel ground. Lalu apa tidak boleh dicolokkan ke kabel lain?

Wah, kritis nih.. :)
Boleh, asalkan satu ujung kabel kecil di warna hijau, lainnya boleh dicolokkan ke konektor warna lain.. Sudah?



Jika sudah, kemudian colokkan kabel AC In dari stop kontak ke PSU. Jika kipas PSU nyala berputar, berarti PSU kita masih OK. Jika tidak, coba periksa sekali lagi apa kabel kecil kita sudah nancap dengan baik ke konektor? Jika iya, berarti ya... sudah saatnya kita beli PSU baru.. :)

No comments:

Post a Comment