Wednesday, October 19, 2011

Netlogo, salah satu tools intelligent agent

Masih ingat apa itu intelligent agent? Hehe.. Gak ada kaitannya sama agen-agen rahasia yang suka bawa pistol Glock dibalik jasnya ya. Klo lupa baca dulu deh : http://ar-wdh.blogspot.com/2011/10/intelligent-agent-sebuah-teori.html

Netlogo  dibuat  oleh  Uri  Wilensky  pada  tahun 1999 dan sejak saat itu terus dikembangkan di-Center for Connected Learning and Computer-Based Modeling. Netlogo adalah tools untuk pemodelan yang dapat diprogram untuk mensimulasikan fenomena social dan natural. Netlogo dapat digunakan untuk memodelkan sistem yang komplek. User (atau istilah di netlogonya adalah Observer) dapat memberikan instruksi kepada ratusan atau ribuan agent untuk beroperasi secara independen. Ini memberikan kemungkinan untuk mengeksplorasi pola hubungan perilaku level mikro dan makro dari agent yang muncul dari interaksi banyak agent. Aplikasi terbaru (Version 4.1.3 yang dirilis pada April 2011) dan panduan user manual Netlogo dapat didownload di homepage Netlogo dengan alamat : http://ccl.northwestern.edu/netlogo/index.shtml

Oke, sebelum menuju tulisan bagaimana memanfaatkan Netlogo untuk membuat agent, kita pahami dulu istilah / terminologi di Netlogo.
  1. World
    Istilah worlf pada netlogo untuk menjelaskan environment tempat agent berjalan atau berinteraksi, istilah environment sering digunakan bergantian dengan istilah world.world biasanya terdiri dari sekumpulan patches dan memiliki titik koordinat pada setiap patches yang membentuknya.
  2. Agent
    Agent  adalah suatu objek yang dapat melakukan sesuatu di dalam environment,setiap agent  bersifat autonomous dan dapat berjalan secara simultan. Ada  4 tipe agent pada netlogo antara lain  turtles,patches,link dan observer.
  3. Turtles
    Adalah agent yang bergerak di environment .Dengan kata lainistilah agent yang bergerak atau berada diatas patches adalah turtles.turtles tidak memiliki titik koordinat.
  4. Patches
    Patches adalah agent yang tidak dapat bergerak dan memiliki titik koordinat (x,y) pada environment.kumpulan patches membentuk environment.patches juga memiliki kemampuan untuk membentuk turtles
  5. Link
    Kita dapat menghubungkan dua turtles didalam environment ,kemanapun  turtles tersebut bergerak didalam environment mereka tetap terhubung sebagai satu link yang sama.
  6. Observer
    Observer bisa dikatakan external agent yang dapat memanipulasi semua agent yang ada pada environment,observer memiliki  perintah yang berlainan untuk memanipulasi agent yang ada.Observer tidak dapat dilihat secara visual pada environment.Ciri khas untuk mengetahui suatu prosedur didalam program dibuat dari sudut pandang observer adalah adanya perintah ASK pada awal suatu perintah.
  7. Breed
    Turtles dapat diturunkan menjadi "turtles dengan karakteristik tertentu" misalnya sekumpulan agent berwarna merah,agent dengan warna putih dan lain sebagainya.Konsep breed merupakan konsep yang penting jika ingin membuat multi agent dengan karakteristik dan tugas yang berbeda-beda.perintah ini biasanya dideklarasikan pada bagian atas program
Satu lagi yang penting di Netlogo, istilah saat kita membuat objek :
Ya, objek-objek pada Netlogo bisa berupa tombol (button), slider, switch, chooser, dll. Apa fungsinya? Ah untuk sementara fungsinya seperti yang ada dalam imajinasi anda. Button atau tombol berfungsi untuk menjalan suatu aksi tertentu.. Yah, seperti itulah.. Untuk lebih lengkapnya, tunggu seri berikutnya.. :)


5 comments:

  1. salam kenal pak, saya ingin sekali mempelajari net logo. Saya sedang mempelajari perilaku investor. Dimana ya pak saya bisa belajar? apakah ada kegaitan pelatihannya? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga.. Posisinya dimana nih? Bisa hubungi saya lebih lanjut melalui email?

    Bisa email ke alamat ini : adhie[dot]wahyudi[at]gmail[dot]com..
    Trims.

    ReplyDelete
  3. salam kenal, pak Adhie.
    Apakah ada komunitas NetLogo (misal fb group atau mailing list) di Indonesia? saya seorang beginner dan membutuhkan bantuan untuk belajar cepat tentang NetLogo. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga..Jika komunitas Indonesia sy kurang tahu. Krn jika sy googling dg bhs Indonesia hslnya merujuk pd blog2 yg sptnya pemiliknya adalah mhs yg menggunakan tools ini pd mata kuliahnya.
      Coba sj belajar dr link yg sy postingkan itu mbak. Salam..

      Delete
    2. Salam kenal juga..Jika komunitas Indonesia sy kurang tahu. Krn jika sy googling dg bhs Indonesia hslnya merujuk pd blog2 yg sptnya pemiliknya adalah mhs yg menggunakan tools ini pd mata kuliahnya.
      Coba sj belajar dr link yg sy postingkan itu mbak. Salam..

      Delete