Thursday, October 20, 2011

Jangan asal ambil uang lintas ATM!!

Hari ini ada kejadian yang menyebabkan harus kehilangan 25rb. Mengapa? Sepele penyebabnya. Ambil uang dari rekening BNI di mesin ATM BCA..
Saat jari menekan tombol OK, sebenarnya ada perasaan gak enak yang muncul dan kepikiran terus.. Ternyata...

Ya, itulah..
Ada biaya tarik tunai sebesar 25rb :(( Menyesal? Yah, sudah terjadi. Mau diapain lagi.. Yang bisa dilakukan sekarang cuma share pengalaman biar gak ada yang mengalaminya lagi..

Kecerobohan lain adalah tidak membiasakan diri membaca ketentuan-ketentuan akan sesuatu hal. Ya, di website BNI (http://www.bni.co.id/Fitur_atm/fitur_atm.htm) sebenar sudah dicantumkan bahwa penarikan tunai di jaringan cirrus dikenakan biaya Rp. 25.000. Yang bikin tambah gelo, disebrang ATM BCA tersebut ada ATM BRI yang termasuk jaringan ATM Bersama. Biaya tarik tunai disana hanya Rp. 3000 saja!! Arrrrggrh..

Dilihat dari sisi biaya untuk pengambilan uang di mesin ATM Bank lain, masih lebih murah Mandiri. Dari websitenya (http://www.bankmandiri.co.id/article/faq-am.aspx), hehe, saya juga baru tahu klo Bank Mandiri tidak ada kerjasama dengan jaringan ATM BCA (Cirrus).
  • ATM Link : Penarikan Rp. 3.900,-, Inquiry Rp. 2.000,-
  • ATM Bersama : Penarikan Rp. 5.000,-, Inquiry Rp. 3.000,- dan Transfer 5.000,-
  • ATM Visa : Penarikan Rp. 15.000,-, Inquiry Rp. 3.000,-
Ya, intinya dari kesialan ini adalah kurang membaca.. Coba aja klo mau meluangkan waktu untuk baca aturan dan ketentuannya...

49 comments:

  1. Wah.. ternyata tarik tunai di atm bni mahal juga ya..
    mending pake bri aja yang murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih infonya bro.. buat pengalaman saya nih :)

      Delete
  2. Saya menggunakan ATM Bank Muamalat, Karena saya menggunakan kartu yang bisa melakukan penarikan di ATM yang memiliki logo " BERSAMA" , Maka saya mencoba menarik uang di ATM BRI .
    Saldo saya di Kartu ATM masih Rp.3.499.636 , Ketika saya melakukan penarikan di ATM BRI Rp.1.250.000.. Sisa saldo saya jadi Rp.2.169.603 ???!! Wooww , Potongannya hingga Rp.80.000 an untuk sekali tarik.. Gilaaa ...

    Rugi banget saya, Kayaknya BANK di Indonesia udah nggak perduli lagi dehh dengan keinginan dan kepuasan konsumen. Cacad abis mas bro ..

    ReplyDelete
  3. Saya juga barusan mengalami, setelah melakukan penarikan BCA di ATM BNI diliputi keraguan(selama ini selalu melakukan karena hanya ATM BNI yang terdekat). Saya langsung cek saldo, berkurang RP.25.000 plus biaya Administrasi Rp.5.000...
    Nasabah/Konsumen di Indonesia memang di tipu secara halus dengan trik-trik seperti ini...tragis

    ReplyDelete
  4. Itu karena dilempar transaksi nya lewat switching luar. Makanya liat dulu ATM sama Kartu ATM nya ada interkoneksi dalam negeri ga?? (misal ATM Bersama, Prima, LINK, ALTO) klo misalnya ga ada akan dilempar ke switching luar kyk cirrus maestro yang kena fee sekirta 2.5 USD

    ReplyDelete
  5. Semoga bermanfaat..intinya biar murah..harus jaringan yang sama...case diatas kyk gini ne:
    BNI itu pake jaringan "bersama" n BCA pake jaringan "prima"...dua jaringan tsb beda..jadi kalo kartu Atm BNI narik di mesin ATM BCA,transaksi itu ke switch ke jaringan penarikan tunai internasional "cirrus"..kena 25 ribu deh..

    Contoh satu lagi..mandiri sekarang udah masuk jaringan prima...kalo kartu ATM mandiri narik di mesin BCA..biayanya cuma 5 ribu..lebih murah karena sama2 jaringan "prima"..knapa di charge juga n gak gratis?itu ongkos buat yg kerja di jaringan "prima" , kn udah bantuin koneksi antar bank..heheh..

    Neh ada link daftar jaringan bank..
    http://julak-net.blogspot.com/2012/07/daftar-kode-transfer-bank-atm-prima-bersama.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ambil bca di bri kena brp ya?25 ribu juga atau 5rb,,,kalau 25rb mah mending juga belanja di indomaret trus tarik tunai deh

      Delete
  6. Jika kartu atm saya BNI mau ambil tunai di atm BCA,apakah ke switch pakai Cirrus? kenapa ga menggunakan jaringan LINK? padahal di atm BNI dan BCA sama-sama ada logo LINKnya....
    mohon pencerahan....

    ReplyDelete
  7. hehehe, pokoknya uang nasabah habis dipotong biaya administrasi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah untung saya pake danamon lebih yang ga kena biaya admin tapi malah dapet cashback;D

      Delete
  8. saya malah di potong 138rb narik dri muamalat di ATM BNI,,
    penarikan ke dua di potong lagi 87rb,,lama2 habis tabungan klo gni ceritanya,,harusnya kan gak ada potongan sama sekali malah dri bank muamalat ke ATM Bersama,,bikin emosi melulu nih setiap kali habis penarikan,,jadi males nabung

    ReplyDelete
  9. Makanya nabung di bank yg jaringan atmnya banyak dan memudahkan nasabah. Jadi mau tarik dimanapun gak kena biaya. Sy ada bca dan mandiri yg atmnya tersebar di pelosok indonesia, walaupun gak sebanyak bri. ebanking dan internet banking bca juga msh yg terbaik saat ini. Ada juga rekening cimbniaga yg bisa tarik tunai gratis di atm bank cimb pas jalan2 di singapur, malaysia dan thailand. Selain itu rek ckmb niaga ga kena potongan biaya adm. Jadilah nasabah yg cerdas....

    ReplyDelete
  10. Bener tu broo saya baru narik uang dari danamon di atm muamalat sariah sebesar 1jt dan kena potongan 55rb,, waw lmayan tu hilangnya.. Mangtabee

    ReplyDelete
  11. iya, makanya saya bikin post di blog saya agar para nasabah lebih jeli dalam melakukan transaksi :)

    ReplyDelete
  12. terima kasih infonya bro..bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  13. semua infonya sangat bermanfaat! terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  14. Klo dari bri ke atm bni brpa potongannya ya ?

    ReplyDelete
  15. saya pakai Mandiri, ambil via atm BRI, BNI, Danamon biayanya 5000. Dulu transfer ke BCA memang 25rb. Tapi sekarang sudah turun jadi 5000. Ga tau klo ambil di atm bca gmn

    ReplyDelete
  16. Gua saranin pake bank Sinar Mas aja dech'.. bukannya promosin sebab ane sebagai nasabah Sinar Mas banyak mendapatkan keuntungan'
    - Bea Admin bulanan tidak ada (selama ada transaksi dalam 6 bulan)
    - Kartu ATM Sinar Mas terdapat "jaringan Prima dan ATM Bersama" ( bisa dipke di
    semua atm bank yg.
    - Jaringan Debet Prima kereeen habis... bisa dipake di mana aja..(Department store
    dll).
    So, Kalau pengen dpet banyak keuntungan dan tidak ingin dirugikan sebagai nasabah bank'.. maka cerdaslah memilih bank yang peduli sama nasabahnya.....semoga bermanfaat info ini...
    berlogo tersebut)

    ReplyDelete
  17. saya mah ma udah fanatik amabang juri BANK YURI, kemarin saldoku Rp.333.453.667,667 sy tarik Rp 33.400.000,00 atm BRI ,ambil sejuta di BCA,esoknya pindah mandiri syariah alah bahkan di ATM dr bank yang ngga populer di indonesia juga ehhh saldonya malah bertambah 1 milyar malah katanya dapat undian lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada orang strees mimpi kaga kesampean jadi posting di sini punya uang Rp 333.453.667.667...wkakwkakakakka

      Delete
    2. yang bilang hoax, yang bilang paranoid, monggo dicoba aja. tulisan ini berbasis pengalaman, jadi insya Allah bukan hoax

      Delete
  18. Btw, mulai oktober besok biaya transfer antar bank via atm naik jadi 7500 dari sebelumnya 5000.
    Trs bea tarik dari ATM lain naik juga gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset naik...emang biaya transfer antar bank pake BBM ya? anjing!!!

      Delete
    2. Kok pake ngata-ngatain dg sarkastik Gan?

      Delete
  19. saya barusan narik panin di bca sekali narik kena Rp 30.000

    ReplyDelete
  20. makasih ya semua jadi tau gue.. ternyata narik di sembarang atm yg providernya mahal bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman yang mahal harganya Om.. *dalam arti sesungguhnya

      Delete
  21. Gw narik danamon di atm BCA kena 75 rb bro..WTF!!!

    ReplyDelete
  22. kok aku narik danamon di mandiri dan bni ga kena potongan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di cek Om?
      Apa karena satu jaringan ATM kali ya? Ato ada paket promosi pada jenis tabungan Om?
      Yang jelas, selamat menikmati gak kena potongan deh Om :)

      Delete
  23. Aarrgghhhhh saya gak pernah cek.... padahal sering bgt ambil uang di atm bca padahal bank sy mandiri... sekali potongan 25rb.. dikalikan entah brp puluh kali.... :')

    ReplyDelete
  24. Barusan aja saya tarik tunai dari rekening cimb niaga,narik dari atm mandiri,knp kena biaya Rp12.500 ya?
    padahal kan jaringan atm bersama harusnya cuma kena 7.500.
    Sempat narik 2x pula.
    arrggh.. habis deh 25.000 saya.
    padahal lumayan itu untuk beli pulsa.

    ReplyDelete
  25. nehh sy bru narik uang dr bank danamon melalui atm bersama BRI..cma ngambil 100rb doank dri 1,9jt...aeehhhhhh malah sisa saldo kok jd 1,742.000...kepotong 50rbuan...knp bgtu yaghh...rugi sy klu bgni..mnding beli celengan batu aja bru nabung sndri kykx..drpd nabung d bank..bxk tipu2x...anjrriitttt

    ReplyDelete
  26. nehh sy bru narik uang dr bank danamon melalui atm bersama BRI..cma ngambil 100rb doank dri 1,9jt...aeehhhhhh malah sisa saldo kok jd 1,742.000...kepotong 50rbuan...knp bgtu yaghh...rugi sy klu bgni..mnding beli celengan batu aja bru nabung sndri kykx..drpd nabung d bank..bxk tipu2x...anjrriitttt

    ReplyDelete
  27. nehh sy bru narik uang dr bank danamon melalui atm bersama BRI..cma ngambil 100rb doank dri 1,9jt...aeehhhhhh malah sisa saldo kok jd 1,742.000...kepotong 50rbuan...knp bgtu yaghh...rugi sy klu bgni..mnding beli celengan batu aja bru nabung sndri kykx..drpd nabung d bank..bxk tipu2x...anjrriitttt

    ReplyDelete
  28. ni bru narik uang d dr bank danamon d atm BRI...busyeeetttt cma narik 100rb ajja dr 1,9jt..eehhh malah sisa saldo 1.742.000..bxk amt potonganx....mnding beli celengan batu kykx...drps nabung d bank..bxk tipu2x...assuueeeee

    ReplyDelete
  29. Saya juga ,bank saya BJB .saya mau narik tunai ,pas saya naruk tunai saldo saya 2.450.000 pas saya narik di BCA saya ambil uang 1.800.000 eh malah sisah saldonya harusnya 650.000 malah tinggal 600.000 kan gula kena ppnnya 50,000 kan tekor parah

    ReplyDelete
  30. lebih baik disedekahkan ke fakir miskin uang biaya administrasi tersebut...supaya jadi pahala..

    ReplyDelete
  31. nice info gan, iya skr malah kena 7500 untuk penarikan uang lintas atm, salam boldpulsa.com

    ReplyDelete
  32. udah ke potong berkali2....kapok dah

    ReplyDelete
  33. Bisa kere gara-gara urusan potongan biaya bank

    ReplyDelete