Thursday, November 24, 2011

Protege - phpmyadminnya ontologi (1)

Ketika kita akan membuat web berbasis ontology sebagai knowledge-nya, (atau bisa juga dibilang : ontologi sebagai database-nya), maka kebanyakan suhu dan master-master dan senior-senior menyarankan protege sebagai ontology tools editor-nya. Salah satu keunggulannya, adalah karena dia Open-Source dan terutama gratis.

Dihalaman web-nya : http://protege.stanford.edu/, anda bisa mendownloadnya. Dikatakan, dua versi stabil terakhir adalah versi 3.4.7 dan versi 4.1. Tapi jika anda ingin mencoba versi 4.2 alpha yang baru sebulan dipublikasikan juga diperkenankan. Stanford.edu hanya meminta anda untuk meregistrasikan diri saja sebelum anda dapat mendownloadnya. Katakan saja bahwa kita adalah mahasiswa yang sedang melakukan riset ontologi, jadi memerlukan protege sebagai tools-nya.. He.. Alasan yang baik tho?

Karena protege dibangun oleh bahasa Java, dihalaman download tersedia tiga buah link :
  • Link berupa executable installer. Ketika anda klik link ini, anda akan menemui berbagai pilihan installer yang disesuaikan dengan sistem operasi. Anda juga diberi pilihan apakah, akan men-download installer yang full (protege dan Java virtual machine) atau protege installer saja.
  • Link berupa program protege. Pada link ini, tidak ada executable installer dan tidak ada Java virtual machine. Hanya program intinya saja.
  • Link ketiga dikhususkan untuk para pengguna OS X, sistem operasi pencinta apel krowak buatan Steve Job.
Jangan lupa, karena dibangun berbasiskan Java, maka pastikan Java Virtual Machine (JRE; minimal versi 1.5) sudah terinstall dikomputer kita, sebelum proses instalasi dilakukan.

Dengan protege, kita bisa membuat model knowledge secara visualization (maksudnya bukan hanya : mengetik script, tapi ada GUInya). Protege menyediakan dua macam cara untuk memodelkan ontologi :
  1. Protege-Frames editor
  2. Protege-OWL editor
Perbedaan utama dari kedua cara itu adalah membuat ontologi dalam format frame-based atau dalam format OWL.

Lantas apa bedanya? Adakah yang lebih baik diantara keduanya? Bagaimana contohnya? Haha.. Sabar ya, tunggu edisi kedua.

2 comments:

  1. permisi mas mau tanya, ada contoh aplikasi yang pakae protege gak mas? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak Mas. Tp sy blm sempat melanjutkan tulisan ini. Coba gugling aja Mas, sy yakin bnyk kok

      Delete