Sunday, February 5, 2012

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Hari Minggu, 5 Februari 2012 udah direncanakan bakalan nengok ibu seorang teman yang sakit patah tulang bahu karena kecelakaan. Karena kebetulan rumah teman ini, ada di daerah kretek, Bantul yang gak jauh dari pantai Parangtritis, sekalian buat rencana maen ke pantai sekeluarga. Ais, anak wedok, seneng banget sewaktu denger mau maen ke Parangkritis (hehe.. waktu umur 1.5 tahun, dia bilangnya malah Parangkutis.. ha.. ha..).

Pagi, sebelum jam 7.00 kita udah start dari Prambanan, dan sebelum jam 08.30 kita udah sampe di depan gerbang karcis Parangtritis.
Oleh petugas, kita diminta Rp. 10.000,00, dan sebagai gantinya kita dikasih karcis kayak di foto atas. Gak banyak omong, langsung jalan lagi walau dalam hati bergumam pasti jumlah karcis dengan uang yang diminta gak klop. Dan benar! Kita pegang tiga karcis, berarti ada selisih uang Rp. 1000,00. He..

Belum juga mendekati pantai, ada orang berseragam seperti tukang parkir yang memberi aba-aba agar menyebrang jalan, katanya : "Itu lokasi parkir new Parangtritis Mas.." Oh ya, manut..
Dan begitu sampe pintu parkir, ternyata karcis parkir mobil di-New Parangtritis ini lumayan bikin kantong agak tipis. Sepuluh ribu rupiah!! Ow No... Kenapa gak dibikin murah aja sih?

Menginjakkan kaki di pasir, ada suatu pemandangan yang bikin bibir tersenyum bangga. Orang sana kreatif!!
Mereka bikin kolam air tawar dengan alas terpal. Keren Bro...!!
Melangkah lagi ke tepi pantai, ternyata ada persewaan ATV. Kutanya anakku, siapa tau dia pengen naik motor roda empat keliling pantai. Ternyata dia gak mau. Ya, udah kutinggal lokasi persewaan tu, dan mulai cari tempat untuk buka ransum. Maklum udah lapar karena belum sarapan. Tapi ternyata ada ATV yang lewat, dan suara knalpot ATV itu bikin penasaran.. Terdengar seperti suara mesin Honda CB..
Sepertinya sih dugaanku bener, cuman sayang gak ada waktu untuk mengecek rasa penasaranku. Klo betul itu ATV bermesin Honda CB. Berarti memang orang kita pada dasarnya kreatif. Apapun bisa dibikin.. :)

Agenda pertama dipantai, adalah makan pagi. Kita cari tempat yang agak sepi untuk buka ransum.
Pagi itu, mungkin 9 kurang, belum terlalu panas untuk duduk dipasir menikmati lauk sarapan seadanya. Nasi putih, dadar telur dan gudeg Pasar Prambanan. Setelah itu, tentu saja main air... Tapi gak lama, sekitar jam 10.30 aja panasnya bukan main. Kecuali anakku yang emang excited banget basah-basahan, kita yang dewasa mulai gak betah dengan panasnya. Akhirnya kuminta kita semua balik badan untuk bersih-bersih dan pulang.
Hhmm, dua puluh ribu yang kukeluarkan rasanya agak gelo melihat ceceran sampah dan gersangnya pantai ini. Kenapa gak ditanam pohon-pohon perindang demi kenyamanan ya?? Sayang banget pemerintah gak keliatan usahanya untuk memajukan daerah wisata andalan jogja ini. Walau demikian, gak semuanya jelek. Ada juga nilai plus dan layak dikasih jempol dari lokasi wisata ini, pertama kreatifitas masyarakat sekitarnya untuk mencari rejeki disana. Kedua, kita nyaman main dipinggir pantai karena gak banyak pedagang asongan yang maksa kita beli. Ketiga, WC dan kamar mandinya bersih, gak bau!!


No comments:

Post a Comment