Friday, August 2, 2013

SKCK Kab. Sleman - DIY

Gara - gara sebuah urusan, jadilah ramadhan 2013 ini harus mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Bukan hanya SKCK Polsek, bahkan harus SKCK Polres. Padahal bikin surat beginian, identik dengan tetek-bengek surat pengantar yang harus diurus dari tingkat RT dan terus-terang agak ribet karena harus bolak-balik. Dan untuk jadi pengalaman, maka perjalanan dalam mendapatkan SKCK (Kejadian tgl 2 Agustus 2013 - menjelang lebaran 2013) saya coba shared di blog ini.

Oke, journey has began di rumah pak RT. Jam 07.30 sampe rumah pak RT. Mintalah blanko pengantar untuk membuat SKCK. Blanko ini nantinya akan diisi biodata dan keperluan kita selaku pemohon yang akan disahkan (ditandatangani) oleh pak RT, pak RT dan pak Dukuh. Nah, biar pak RT gak bingung nulis data kita, maka bawalah KTP (asli atau fotokopi -- terserah). Jangan lupa minta pak RT untuk tanda tangani dan cap basah di blankonya. Di sini biasanya pak RT gak minta biaya untuk sobekan blanko yang kita minta.

Keluar dari rumah pak RT, langsung kita ke pak RW. Minta tanda tangan beliau diblanko yang kita bawa. Pak RW pun biasanya gak minta biaya untuk upah tanda tangannya :)

Kemudian, meluncur ke rumahnya pak Dukuh, pada beliaunya juga kita mintakan tanda tangan pada blanko pengantar ini. Dan, pak Dukuh pun gak minta biaya. Alhamdulillah :)

Dari sini, kita pergi ke kantor kelurahan. Sampe sana jam 08.30, alhamdulillah ruangan TUnya sepi sehingga langsung dilayani oleh petugasnya. Serahkan blanko pengantar dari pak Dukuh dan surat pengantar pun diproses. Karena sepi, gak sampe 5 menit, surat pengantar pun jadi. Oya, di kelurahan Bokoharjo surat pengantar ini bentuknya masih sama seperti blanko RT/RW, separuh kertas A4 gitu. Nah, disini mulai keluar duit nih. Rp. 5000 diminta oleh si Official. #Dan tidak ada kuitansi pula Bro..

Keluar kantor kelurahan jam 08.34, masih pagi untuk ukuran hari jumat. Jadi, langsung starter motor ke kantor polsek. Sampe kantor polsek, oleh pak Polisi yang berjaga diarahkan ke ruang pengurusan SKCK. Di sini kita diminta persyaratan :
  1. FC. Pengantar dari kelurahan
  2. FC KTP
  3. FC Kartu Rumus Sidik Jari (Kalo belum punya gak apa, karena bikin kartu ini harus di Polres)
  4. Foto ukuran 4 x 6, 2 buah, warna background merah.
  5. Duit Rp. 10.000
SKCK versi Polsek ada ditangan dalam waktu ± 5 menit. Jadi, belum jam 09.00 sudah selesai. #Oya Gan, kalo ke kantor polisi sebaiknya pake Helm dan baju kemeja. Kalo sandal sih, asal jangan sandal jepit. Ada sedikit cerita gara-gara beginian :)

Karena, kantor Polres berada nun jauh di Jalan Magelang KM. xx (banyak), maka kesananya ditunda minggu depan, setelah lebaran. Nti sepulang dari sana saya posting lagi ceritanya, dan yang pasti apa-apa aja yang diperlukan. CU next week Bro, prepare jumatan dulu :)

Bersambung ke : http://ar-wdh.blogspot.com/2013/08/bikin-skck-polres-sleman-2.html

No comments:

Post a Comment