Tugas terakhir ini saya adakan untuk menilai attitude mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.. 60% soal ujian akhir (UAS) akan saya ambil dari tugas ini.
Batas akhir pengumpulan tugas adalah Senin / 24 Juni 2010.
Komponen tugas :
Membuat soal per materi dari setelah UTS hingga akhir (pengayaan teknologi internet, teknik searching pada search engine, teori statistik, blogging).
Tugas dikirim ke : ar_wdh@yahoo.com.sg
Tuesday, May 18, 2010
Friday, May 14, 2010
Kucing kesayangan dan Aisyah
Tecil ni sekarang badannya dah mirip ma kucing Garong..
Usia 4 tahun body bongsor sip buat kelonan (walo sayang dia gak seneng dikelonin)
Tapi klo berantem mesti kalah n berdarah2... Mesti dimasukin ke padepokan nih kayaknya
Klo yang satu ni mesti over acting klo papa - mamanya libur.. Lemari pake acara dipanjat segala untung ke-shoot ma kamera, walo sayang yang masuk n tiduran di kolongan lemari tuh gak ke-shoot..
Anova Test (Prak Aplikom D3 AnKes - Genap 0910)
Fungsi Anova Test hampir sama dengan T Test yaitu menguji apakah terdapat perbedaan/persamaan means.
Perbedaannya Anova Test digunakan untuk menguji lebih dari 2 buah sample.
Perbedaannya Anova Test digunakan untuk menguji lebih dari 2 buah sample.
Independence Sample T Test (Prak Aplikom D3 AnKes - Genap 0910)
Uji T independence sampel digunakan untuk menguji apakah rata-rata satu sampel berbeda atau sama terhadap satu sampel lainnya.
Pada pengujian independence sample t-test populasi sampel yang satu berbeda dengan populasi sample pembandingnya.
Contoh Soal :
Misalkan pada sebuah penelitian, akan dibandingkan pemahaman jumlah kata pada sekelompok balita yang telah diberi pelatihan terhadap sekelompok balita lain yang tidak diberi pelatihan.
Data dari kedua kelompok sebagai berikut :
Pengujian dilakukan dengan alpha 5%, maka buktikan apakah terdapat perbedaan mean jumlah kata dari kedua kelompok balita tersebut !
Catatan :
Pada pengujian independence sample t-test populasi sampel yang satu berbeda dengan populasi sample pembandingnya.
Contoh Soal :
Misalkan pada sebuah penelitian, akan dibandingkan pemahaman jumlah kata pada sekelompok balita yang telah diberi pelatihan terhadap sekelompok balita lain yang tidak diberi pelatihan.
Data dari kedua kelompok sebagai berikut :
I | 197 | 223 | 241 | 183 | 222 | 231 | 297 | 220 | 188 | 231 | 210 | 234 |
II | 206 | 199 | 205 | 203 | 223 | 189 | 221 | 195 | 218 | 177 | 203 | 174 |
Catatan :
- Cara input data untuk kasus independence sample menggunakan prinsip pengelompokan dan pengkodean data.
- Setelah seluruh data diinputkan. Analisa dilakukan melalui menu Analize > Compare Means > Independence Sample T Test. Pada Wizard yang muncul kita diminta untuk mendefinisikan test variabel (diisi dengan variabel data) dan mendefinisikan grouping variabel (diisi dengan variabel group).
- Pada output, informasi yang diperlukan untuk membuat kesimpulan adalah :
- Nilai t-hitung (dilihat dari kolom t pada bagian One Sample Test)
- Nilai df
- Setelah diketahui nilai t-hitung, maka langkah selanjutnya adalah mencari nilai t-tabel.
- df pada kasus independence t test agak berbeda dengan df pada kasus lainnya. df untuk kasus ini dicari dengan rumus (Nvar1 - 1) + (Nvar2 - 1).
- Langkah terakhir adalah membuat kesimpulan berdasarkan pembandingan nilai t-hitung terhadap t-tabel menggunakan metode kurva pembeda.
Wednesday, May 12, 2010
Tugas teori (Komputer Teori D3 Analis Kesehatan - Genap 2009/2010)
Tugas Kuliah Komputer (teori) D3 Analis Kesehatan :
Selamat mengerjakan..
- Membuat resume kuliah pada tanggal 11 Mei 2010 (tujuan, syarat dan langkah pembuatan blog)
- Membuat tutorial pembuatan blog di blogger/wordpress atas nama kalian
- Buatlah sebuah blog (terserah di blogger ato wordpress)
- Catat langkah2 pembuatannya
- Postingkan komponen tugas tersebut pada blog kalian
- Tuliskan alamat blog kalian pada message facebook saya
alamat facebook : http://facebook.com/adhie.wahyudi
Selamat mengerjakan..
Quis Independence and One Sample T Test (Prak Aplikom D3 AnKes - Genap 0910)
Soal Quis (Target : Mengetahui pemahaman mahasiswa akan materi Independence dan One Sample T-Test) :
Pengantar Data :
Ada seorang manajer suatu pabrik yang ingin mengetahui bagaimana kinerja para karyawannya yang terbagi ke dalam empat shift bekerja.
Pada data di bawah ini menggambarkan jumlah produk yang dihasilkan oleh karyawannya selama 12 hari pengamatan.
Pertanyaan :
Pengantar Data :
Ada seorang manajer suatu pabrik yang ingin mengetahui bagaimana kinerja para karyawannya yang terbagi ke dalam empat shift bekerja.
Pada data di bawah ini menggambarkan jumlah produk yang dihasilkan oleh karyawannya selama 12 hari pengamatan.
Hari | Shift 1 | Shift 2 | Shift 3 | Shift 4 |
1 | 38 | 45 | 45 | 58 |
2 | 36 | 48 | 48 | 25 |
3 | 39 | 42 | 42 | 34 |
4 | 34 | 46 | 46 | 26 |
5 | 35 | 41 | 41 | 39 |
6 | 32 | 45 | 45 | 44 |
7 | 39 | 48 | 48 | 32 |
8 | 34 | 47 | 47 | 38 |
9 | 32 | 42 | 42 | 39 |
10 | 36 | 41 | 41 | 43 |
11 | 33 | 39 | 39 | 44 |
12 | 39 | 33 | 33 | 62 |
- Apakah terdapat perbedaan antara kinerja shift pertama dan shift ke-3 selama 1 minggu pertama (Dijawab oleh mahasiswa dengan NIM ganjil)
- Apakah terdapat perbedaan antara kinerja shift pertama terhadap rata2 produksi dari keseluruhan pekerja pada 5 hari kerja pertama (Dijawab oleh mahasiswa dengan NIM genap)
Subscribe to:
Posts (Atom)