Sunday, December 1, 2013

Root HP Galaxy Mini

HP warisan istri, Samsung Galaxy Mini (Galmin) mulai kehabisan memory internal karena banyak aplikasi yang diinstall didalamnya. Solusinya adalah memindahkan aplikasi tersebut dari memory internal ke memory eksternal (micro sd card), namun hal ini tidak bisa dilakukan jika Sistem Operasi (OS) HP, OS Froyo (Galmin GT-S5570, terinstall Android v. 2.2.1 -- Froyo) masih terkunci. Istilah yang berkembang dikalangan Android User adalah HP kita harus di-root dulu supaya kita memiliki hak akses penuh sebagai administrator ketika utak-atik.

Apa sih root?
OS Android, pada dasarnya adalah Linux. Sehingga pada sistem tersebut juga dikenal istilah user dan superuser yang masing-masing memiliki kedalaman akses yang berbeda terhadap sistem. Untuk melakukan modifikasi sistem android kita diwajibkan memiliki hak akses sebagai superuser. Nah secara sederhana rooted bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi system android.

Lantas gimana caranya nge-root Galmin dengan OS Froyo? Tulisan berikut ini menceritakan pengalaman saya melakukan rooting siang tadi.

Langkah 1 :
Pastikan OS Galmin adalah OS Android versi 2.2.1 (dikenal dengan istilah Android Froyo). Versi OS perlu dicek, karena file update yang diperlukan akan berbeda untuk setiap versi OS. Cek melalui menu Setting - About Phone


Langkah 2 :
Download file update.zip.
  • File update untuk OS Froyo bisa didownload disini
  • File update untuk OS Gingerbread versi 2.3.3, 2.3.4, 2.3.5, 2.3.6, 2.3.7 bisa didownload disini.
Setelah didownload, letakkan file update.zip ke kartu memory dan jangan buat folder agar mudah mencarinya.

Langkah 3 :
Matikan HP, kemudian masuk ke recovery mode dengan menekan tombol Volume Atas + Tombol Center (Home) dan Tombol Power SECARA BERSAMAAN !

Langkah 4 :
Pilih apply from sd card, gunakan tombol volume up dan down untuk memilih, dan tombol home untuk ok, pilih file update.zip yang didownload tadi.

Langkah 5 :
Tunggu sampai proses selesai, kemudian reboot HP dengan cara memilih menu reboot system now (Lihat gambar pada langkah 4).

Langkah 6 :
Cek apabila sudah ada aplikasi superuser dengan icon tengkorak, berarti OS anda sudah rooted.

Oke, HP sudah rooted. Target percobaan berikutnya adalah upgrade OS menjadi gingerbread dan kemudian upgrade lagi menjadi Jelly Bean. Kenapa harus begitu, kok gak langsung aja upgrade ke Jelly Bean? Tunggu aja posting selanjutnya.. :)

1 comment:

  1. gan..
    ga bisa di download yg buat froyonya...
    error...
    gmana ya?

    ReplyDelete