Monday, February 24, 2014

Teknik Komputasi (D3-Anafarma); Genap 13-14

  1. CKPP : Bisa download disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxbUhRYV82eEpsNzA/edit?usp=sharing
  2. Materi 1 : Sejarah perkembangan TIK dan Perkembangan komputer. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxalpBQTgtSHR5bWc/edit?usp=sharing (note : link video bisa dicari di Youtube.com)
  3. Materi 2 : Pengenalan Hardware dan Software. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxc0txRDJEYjduMXM/edit?usp=sharing
  4. Materi 3 : Pengantar manajemen file dan folder. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxZjNJSnVIdzF6blU/edit?usp=sharing
  5. Materi 4 : Pengenalan jaringan komputer. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxWm1iY2l6Q3p1YjQ/edit?usp=sharing
  6. Materi 5 - 7 : Mahir MS. Word. Materi bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxR1ZwTmlOLVc4Sm8/edit?usp=sharing  
  7. Materi tambahan : Pemanfaatan style pada Ms. Word untuk pembuatan daftar isi secara otomatis. Materi bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxZ3NFSWxTTEY0QWc/edit?usp=sharing

Sunday, January 19, 2014

Kunci (tools) serbaguna. Bisa untuk semua baut. Benarkah?!

tools serba guna. katanya...
Pernah liat orang jualan tools (kunci baut) seperti gambar di atas?! Promosi salesnya, sangat meyakinkan ya? Katanya bisa untuk baut dari nomor 8 - 21. Dan akhirnya, saya tergiur untuk menebusnya dengan harga (tahun 2013 pertengahan) Rp. 100.000.

Tapi ternyata....
Alat ini, tidak bisa menggantikan kunci shock yang bisa buka baut ban mobil.
Alat ini juga tidak bisa menggantikan kunci pas, karena mur berada ditengah-tengah, sehingga kunci model ring tidak bisa digunakan.
Alat ini juga tidak bisa menggantikan kunci shock T, yang bisa memutar baut yang menempel ke bodi.

Jadi, kalo kita memang suka ngoprek, tetap harus punya banyak senjata sebagai alat kita bekerja. Tidak bisa digantikan oleh satu alat, yang katanya multifungsi. Begitu pelajaran mbengkel hari ini :)

Saturday, January 18, 2014

Nilai akhir sem gasal 2013/2014

1. Nilai Kecerdasan Tiruan, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxaWRkWXJwQkNlc2M/edit?usp=sharing
2. Nilai Konsep Teknologi, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxRF9UUTNlVGxuV28/edit?usp=sharing
3. Nilai Operations Research 2, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxTk0zaDZCUV9DSmc/edit?usp=sharing
4. Nilai Statistik Industri 1, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxUldWb0t2WnFPaUE/edit?usp=sharing

Selamat bagi yang mendapatkan nilai baik, semoga ilmu yang didapat bisa semakin bertambah dan berguna. Bagi yang belum baik, semoga bisa menjadi lebih baik.

Friday, December 27, 2013

Lem kuat, serbaguna. Cocok utk mobil

Musim hujan, gerobak dirumah rasanya butuh dilengkapi dengan talang air (wind-shield). Setelah cukup lama berburu, akhirnya dapat harga murah di Patra Agung Prambanan. Talang air untuk civic wonder, ane tebus dengan harga 125rb.

Kendala muncul ketika akan dipasang. Ane gak pengen ada acara bor-bor-an untuk pemasangannya. Pengennya cuman pake lem aja, tp klo hanya mengandalkan selotip bolak-balik yang sudah ada ditalang air aja pasti gak bakal kuat. Si Bapak penjual nyaranin pake aibon. Tapi setelah dicoba ternyata sulit nempel. Ganti coba pake lem seal yang biasa untuk celah kaca juga bukan solusi. Akhirnya ingat, masih punya sisa lem yang ane pake sewaktu repaint mobil tempo hari.
Lem yang dimaksud
Lem ini bisa dibeli ditoko besi. Cuman ane gak tau namanya. Dulu sih waktu beli, ane cuman bilang lem untuk besi. Ama pelayannya dikasih ini. Dan memang Joss, buat besi bisa, buat kayu bisa, aluminium dan plastik juga bisa. Akhirnya ane pake lem ini buat nempelin talang air tersebut. Dan sukses.


Cat mobil sendiri

Proyek rebuilt gerobak di rumah berlanjut. Setelah sebelumnya mendempuli bagian-bagian yang perlu (http://ar-wdh.blogspot.com/2013/08/dempul-mobil-sendiri.html), sekarang cerita berlanjut ke proses repaint si wondie. Kalo repaint-nya diserahkan ke bengkel cat, tentu gak akan ada postingan yang ane shared disini. :-)

Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengamplas seluruh permukaan yang terlapisi cat. Proses ini dilakukan dengan amplas besi dengan tingkat kekasaran sedang, atau amplas besi nomor 400 - 600.
Langkah berikutnya adalah menutupi kaca, lampu dan bagian yang tidak ingin terkena cat dengan koran dan selotip kertas.
Selotip kertas bisa dibeli disupermarket atau ditoko cat. Untuk satu mobil sedan, kira-kira memerlukan 5 buah.
Proses penempelan koran, untuk menutupi bagian yang tidak ingin terkena cat
Tahap pertama, melapisi mobil dengan cat dasar, warna putih. Proses pengecatan diulangi dua kali penyemprotan. Pada mobil kategori sedan, proses ini memerlukan cat sebanyak 1 Kg.
Cat dasar mobil (cat putih) ini diencerkan dengan tiner dengan perbandingan cat : tiner kira-kira 1 : 2 sd 1 : 3. Keseluruhan proses dari penyemprotan cat dasar hingga finishing membutuhkan 10 Liter atau 2 kaleng timer.
Pengenceran cat
Langkah selanjutnya adalah penyemprotan cat merah yang diulangi hingga tiga kali penyemprotan. Proses ini membutuhkan 2 kaleng cat warna merah ukuran 1 Kg. Pada saat penyemprotan, cat juga diencerkan dengan tiner sama seperti sebelumnya.
Penyemprotan cat merah
Berikutnya dilanjutkan dengan penyemprotan clear atau vernish. Pada tahapan adrenalin mulai menyebar ke seluruh tubuh. Inilah proses finishing yang menentukan kilap atau tidaknya cat mobil besok. Proses ini menghabiskan cat clear sebanyak 2 kaleng ukuran 1,25 Kg. Cat clear juga diencerkan dengan tiner, dengan perbandingan 1 : 1.
Pengenceran cat clear dengan tiner

Penyemprotan cat clear
Dan, apa yang dikhawatirkan ternyata terjadi juga..... Seekor lalat dan sedikit debu jatuh dan menimpa permukaan yang baru disemprot dan masih basah. Itulah mengapa pada bengkel yang besar dan profesional, ketika proses penyemprotan finishing dilakukan disebuah ruangan khusus yang terjaga dari gangguan angin dan debu. Ruangan itu juga biasanya dilengkapi dengan lampu-lampu berkekuatan besar, bahkan ada juga yang memasang elemen pemanas. Karenanya ruangan tsb, disebut dengan oven. Jadi begitu mobil selesai disemprot clear, lampu dan elemen pemanas tsb dinyalakan untuk mempercepat proses pengeringan.

Ada lalat dan debu nakal, maka dibagian tsb terpaksa di-amplas ulang kemudian di-clear ulang
Pengeringan mengandalkan matahari
Pengeringan. Dibiarkan dijemur 2 sd 3 hari. Bila ada oven berkekuatan 15000 Watt, cukup 30 sd 45 menit saja
Hasil akhir, alhamdulillah.. :-) 
Diselimuti biar awet.

Proses pengerjaan dari dempul hingga selesai (termasuk jemur) 7 hari. Bahan yang dibeli :
  1. Amplas nomor 400 untuk menghilangkan cat 4 lembar.
  2. Amplas nomor 600 (lebih halus) untuk mengaluskan dempul dan membersihkan kotoran sebelum di cat 4 lembar.
  3. Dempul besi 1 kaleng 1 Kg.
  4. Cat Putih sebagai warna dasar 1 kaleng ukuran 1 Kg.
  5. Cat Merah 2 kaleng ukuran 2 Kg.
  6. Cat clear 2 kaleng ukuran 1.25 Kg.
  7. Tiner cuci (digunakan untuk mencuci sprayer gun ketika mengganti warna cat) 3 Liter.
  8. Tiner pengencer 2 kaleng ukuran 5 Liter.
  9. Kain 1/4 Kg
  10. Mesin kompresor dan sprayer gun.
Nomor 10 kebetulan dibeli untuk keperluan modal, sedangkan nomor 1 sd 9 adalah bahan-bahan yang diperlukan. Kalo dikerjakam sendiri, biaya yang dikeluarkan bisa hemat hingga lebih dari 50% brother.. :-) 

Sunday, December 1, 2013

Root HP Galaxy Mini

HP warisan istri, Samsung Galaxy Mini (Galmin) mulai kehabisan memory internal karena banyak aplikasi yang diinstall didalamnya. Solusinya adalah memindahkan aplikasi tersebut dari memory internal ke memory eksternal (micro sd card), namun hal ini tidak bisa dilakukan jika Sistem Operasi (OS) HP, OS Froyo (Galmin GT-S5570, terinstall Android v. 2.2.1 -- Froyo) masih terkunci. Istilah yang berkembang dikalangan Android User adalah HP kita harus di-root dulu supaya kita memiliki hak akses penuh sebagai administrator ketika utak-atik.

Apa sih root?
OS Android, pada dasarnya adalah Linux. Sehingga pada sistem tersebut juga dikenal istilah user dan superuser yang masing-masing memiliki kedalaman akses yang berbeda terhadap sistem. Untuk melakukan modifikasi sistem android kita diwajibkan memiliki hak akses sebagai superuser. Nah secara sederhana rooted bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi system android.

Lantas gimana caranya nge-root Galmin dengan OS Froyo? Tulisan berikut ini menceritakan pengalaman saya melakukan rooting siang tadi.

Langkah 1 :
Pastikan OS Galmin adalah OS Android versi 2.2.1 (dikenal dengan istilah Android Froyo). Versi OS perlu dicek, karena file update yang diperlukan akan berbeda untuk setiap versi OS. Cek melalui menu Setting - About Phone


Langkah 2 :
Download file update.zip.
  • File update untuk OS Froyo bisa didownload disini
  • File update untuk OS Gingerbread versi 2.3.3, 2.3.4, 2.3.5, 2.3.6, 2.3.7 bisa didownload disini.
Setelah didownload, letakkan file update.zip ke kartu memory dan jangan buat folder agar mudah mencarinya.

Langkah 3 :
Matikan HP, kemudian masuk ke recovery mode dengan menekan tombol Volume Atas + Tombol Center (Home) dan Tombol Power SECARA BERSAMAAN !

Langkah 4 :
Pilih apply from sd card, gunakan tombol volume up dan down untuk memilih, dan tombol home untuk ok, pilih file update.zip yang didownload tadi.

Langkah 5 :
Tunggu sampai proses selesai, kemudian reboot HP dengan cara memilih menu reboot system now (Lihat gambar pada langkah 4).

Langkah 6 :
Cek apabila sudah ada aplikasi superuser dengan icon tengkorak, berarti OS anda sudah rooted.

Oke, HP sudah rooted. Target percobaan berikutnya adalah upgrade OS menjadi gingerbread dan kemudian upgrade lagi menjadi Jelly Bean. Kenapa harus begitu, kok gak langsung aja upgrade ke Jelly Bean? Tunggu aja posting selanjutnya.. :)