1. Nilai Kecerdasan Tiruan, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxaWRkWXJwQkNlc2M/edit?usp=sharing
2. Nilai Konsep Teknologi, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxRF9UUTNlVGxuV28/edit?usp=sharing
3. Nilai Operations Research 2, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxTk0zaDZCUV9DSmc/edit?usp=sharing
4. Nilai Statistik Industri 1, bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxUldWb0t2WnFPaUE/edit?usp=sharing
Selamat bagi yang mendapatkan nilai baik, semoga ilmu yang didapat bisa semakin bertambah dan berguna. Bagi yang belum baik, semoga bisa menjadi lebih baik.
Saturday, January 18, 2014
Friday, December 27, 2013
Lem kuat, serbaguna. Cocok utk mobil
Musim hujan, gerobak dirumah rasanya butuh dilengkapi dengan talang air (wind-shield). Setelah cukup lama berburu, akhirnya dapat harga murah di Patra Agung Prambanan. Talang air untuk civic wonder, ane tebus dengan harga 125rb.
Kendala muncul ketika akan dipasang. Ane gak pengen ada acara bor-bor-an untuk pemasangannya. Pengennya cuman pake lem aja, tp klo hanya mengandalkan selotip bolak-balik yang sudah ada ditalang air aja pasti gak bakal kuat. Si Bapak penjual nyaranin pake aibon. Tapi setelah dicoba ternyata sulit nempel. Ganti coba pake lem seal yang biasa untuk celah kaca juga bukan solusi. Akhirnya ingat, masih punya sisa lem yang ane pake sewaktu repaint mobil tempo hari.
Lem ini bisa dibeli ditoko besi. Cuman ane gak tau namanya. Dulu sih waktu beli, ane cuman bilang lem untuk besi. Ama pelayannya dikasih ini. Dan memang Joss, buat besi bisa, buat kayu bisa, aluminium dan plastik juga bisa. Akhirnya ane pake lem ini buat nempelin talang air tersebut. Dan sukses.
Kendala muncul ketika akan dipasang. Ane gak pengen ada acara bor-bor-an untuk pemasangannya. Pengennya cuman pake lem aja, tp klo hanya mengandalkan selotip bolak-balik yang sudah ada ditalang air aja pasti gak bakal kuat. Si Bapak penjual nyaranin pake aibon. Tapi setelah dicoba ternyata sulit nempel. Ganti coba pake lem seal yang biasa untuk celah kaca juga bukan solusi. Akhirnya ingat, masih punya sisa lem yang ane pake sewaktu repaint mobil tempo hari.
Lem yang dimaksud |
Cat mobil sendiri
Proyek rebuilt gerobak di rumah berlanjut. Setelah sebelumnya mendempuli bagian-bagian yang perlu (http://ar-wdh.blogspot.com/2013/08/dempul-mobil-sendiri.html), sekarang cerita berlanjut ke proses repaint si wondie. Kalo repaint-nya diserahkan ke bengkel cat, tentu gak akan ada postingan yang ane shared disini. :-)
Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengamplas seluruh permukaan yang terlapisi cat. Proses ini dilakukan dengan amplas besi dengan tingkat kekasaran sedang, atau amplas besi nomor 400 - 600.
Selotip kertas bisa dibeli disupermarket atau ditoko cat. Untuk satu mobil sedan, kira-kira memerlukan 5 buah.
Cat dasar mobil (cat putih) ini diencerkan dengan tiner dengan perbandingan cat : tiner kira-kira 1 : 2 sd 1 : 3. Keseluruhan proses dari penyemprotan cat dasar hingga finishing membutuhkan 10 Liter atau 2 kaleng timer.
Langkah selanjutnya adalah penyemprotan cat merah yang diulangi hingga tiga kali penyemprotan. Proses ini membutuhkan 2 kaleng cat warna merah ukuran 1 Kg. Pada saat penyemprotan, cat juga diencerkan dengan tiner sama seperti sebelumnya.
Berikutnya dilanjutkan dengan penyemprotan clear atau vernish. Pada tahapan adrenalin mulai menyebar ke seluruh tubuh. Inilah proses finishing yang menentukan kilap atau tidaknya cat mobil besok. Proses ini menghabiskan cat clear sebanyak 2 kaleng ukuran 1,25 Kg. Cat clear juga diencerkan dengan tiner, dengan perbandingan 1 : 1.
Dan, apa yang dikhawatirkan ternyata terjadi juga..... Seekor lalat dan sedikit debu jatuh dan menimpa permukaan yang baru disemprot dan masih basah. Itulah mengapa pada bengkel yang besar dan profesional, ketika proses penyemprotan finishing dilakukan disebuah ruangan khusus yang terjaga dari gangguan angin dan debu. Ruangan itu juga biasanya dilengkapi dengan lampu-lampu berkekuatan besar, bahkan ada juga yang memasang elemen pemanas. Karenanya ruangan tsb, disebut dengan oven. Jadi begitu mobil selesai disemprot clear, lampu dan elemen pemanas tsb dinyalakan untuk mempercepat proses pengeringan.
Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengamplas seluruh permukaan yang terlapisi cat. Proses ini dilakukan dengan amplas besi dengan tingkat kekasaran sedang, atau amplas besi nomor 400 - 600.
Langkah berikutnya adalah menutupi kaca, lampu dan bagian yang tidak ingin terkena cat dengan koran dan selotip kertas. |
Proses penempelan koran, untuk menutupi bagian yang tidak ingin terkena cat |
Tahap pertama, melapisi mobil dengan cat dasar, warna putih. Proses pengecatan diulangi dua kali penyemprotan. Pada mobil kategori sedan, proses ini memerlukan cat sebanyak 1 Kg. |
Pengenceran cat |
Penyemprotan cat merah |
Pengenceran cat clear dengan tiner |
Penyemprotan cat clear |
Ada lalat dan debu nakal, maka dibagian tsb terpaksa di-amplas ulang kemudian di-clear ulang |
Pengeringan mengandalkan matahari |
Pengeringan. Dibiarkan dijemur 2 sd 3 hari. Bila ada oven berkekuatan 15000 Watt, cukup 30 sd 45 menit saja |
Hasil akhir, alhamdulillah.. :-) |
Diselimuti biar awet. |
Proses pengerjaan dari dempul hingga selesai (termasuk jemur) 7 hari. Bahan yang dibeli :
- Amplas nomor 400 untuk menghilangkan cat 4 lembar.
- Amplas nomor 600 (lebih halus) untuk mengaluskan dempul dan membersihkan kotoran sebelum di cat 4 lembar.
- Dempul besi 1 kaleng 1 Kg.
- Cat Putih sebagai warna dasar 1 kaleng ukuran 1 Kg.
- Cat Merah 2 kaleng ukuran 2 Kg.
- Cat clear 2 kaleng ukuran 1.25 Kg.
- Tiner cuci (digunakan untuk mencuci sprayer gun ketika mengganti warna cat) 3 Liter.
- Tiner pengencer 2 kaleng ukuran 5 Liter.
- Kain 1/4 Kg
- Mesin kompresor dan sprayer gun.
Nomor 10 kebetulan dibeli untuk keperluan modal, sedangkan nomor 1 sd 9 adalah bahan-bahan yang diperlukan. Kalo dikerjakam sendiri, biaya yang dikeluarkan bisa hemat hingga lebih dari 50% brother.. :-)
Sunday, December 1, 2013
Root HP Galaxy Mini
HP warisan istri, Samsung Galaxy Mini (Galmin) mulai kehabisan memory internal karena banyak aplikasi yang diinstall didalamnya. Solusinya adalah memindahkan aplikasi tersebut dari memory internal ke memory eksternal (micro sd card), namun hal ini tidak bisa dilakukan jika Sistem Operasi (OS) HP, OS Froyo (Galmin GT-S5570, terinstall Android v. 2.2.1 -- Froyo) masih terkunci. Istilah yang berkembang dikalangan Android User adalah HP kita harus di-root dulu supaya kita memiliki hak akses penuh sebagai administrator ketika utak-atik.
Apa sih root?
OS Android, pada dasarnya adalah Linux. Sehingga pada sistem tersebut juga dikenal istilah user dan superuser yang masing-masing memiliki kedalaman akses yang berbeda terhadap sistem. Untuk melakukan modifikasi sistem android kita diwajibkan memiliki hak akses sebagai superuser. Nah secara sederhana rooted bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi system android.
Lantas gimana caranya nge-root Galmin dengan OS Froyo? Tulisan berikut ini menceritakan pengalaman saya melakukan rooting siang tadi.
Langkah 1 :
Pastikan OS Galmin adalah OS Android versi 2.2.1 (dikenal dengan istilah Android Froyo). Versi OS perlu dicek, karena file update yang diperlukan akan berbeda untuk setiap versi OS. Cek melalui menu Setting - About Phone
Langkah 2 :
Download file update.zip.
Langkah 3 :
Matikan HP, kemudian masuk ke recovery mode dengan menekan tombol Volume Atas + Tombol Center (Home) dan Tombol Power SECARA BERSAMAAN !
Langkah 4 :
Pilih apply from sd card, gunakan tombol volume up dan down untuk memilih, dan tombol home untuk ok, pilih file update.zip yang didownload tadi.
Langkah 5 :
Tunggu sampai proses selesai, kemudian reboot HP dengan cara memilih menu reboot system now (Lihat gambar pada langkah 4).
Langkah 6 :
Cek apabila sudah ada aplikasi superuser dengan icon tengkorak, berarti OS anda sudah rooted.
Oke, HP sudah rooted. Target percobaan berikutnya adalah upgrade OS menjadi gingerbread dan kemudian upgrade lagi menjadi Jelly Bean. Kenapa harus begitu, kok gak langsung aja upgrade ke Jelly Bean? Tunggu aja posting selanjutnya.. :)
Apa sih root?
OS Android, pada dasarnya adalah Linux. Sehingga pada sistem tersebut juga dikenal istilah user dan superuser yang masing-masing memiliki kedalaman akses yang berbeda terhadap sistem. Untuk melakukan modifikasi sistem android kita diwajibkan memiliki hak akses sebagai superuser. Nah secara sederhana rooted bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi system android.
Lantas gimana caranya nge-root Galmin dengan OS Froyo? Tulisan berikut ini menceritakan pengalaman saya melakukan rooting siang tadi.
Langkah 1 :
Pastikan OS Galmin adalah OS Android versi 2.2.1 (dikenal dengan istilah Android Froyo). Versi OS perlu dicek, karena file update yang diperlukan akan berbeda untuk setiap versi OS. Cek melalui menu Setting - About Phone
Langkah 2 :
Download file update.zip.
- File update untuk OS Froyo bisa didownload disini.
- File update untuk OS Gingerbread versi 2.3.3, 2.3.4, 2.3.5, 2.3.6, 2.3.7 bisa didownload disini.
Langkah 3 :
Matikan HP, kemudian masuk ke recovery mode dengan menekan tombol Volume Atas + Tombol Center (Home) dan Tombol Power SECARA BERSAMAAN !
Langkah 4 :
Pilih apply from sd card, gunakan tombol volume up dan down untuk memilih, dan tombol home untuk ok, pilih file update.zip yang didownload tadi.
Langkah 5 :
Tunggu sampai proses selesai, kemudian reboot HP dengan cara memilih menu reboot system now (Lihat gambar pada langkah 4).
Langkah 6 :
Cek apabila sudah ada aplikasi superuser dengan icon tengkorak, berarti OS anda sudah rooted.
Oke, HP sudah rooted. Target percobaan berikutnya adalah upgrade OS menjadi gingerbread dan kemudian upgrade lagi menjadi Jelly Bean. Kenapa harus begitu, kok gak langsung aja upgrade ke Jelly Bean? Tunggu aja posting selanjutnya.. :)
Friday, September 20, 2013
Ganti kain plafon mobil sendiri
Risih juga liat plafon mobil udah banyak bercaknya begini. Maka, setelah proyek flintkote, sekarang memberanikan diri untuk mengerjakan pergantian plafon sendiri. :) Untuk kain, di wilayah jogja bisa beli di toko Liman di jalan Malioboro. Ada banyak pilihan kain plafon yang tersedia. Oya, karena mobil saya cuman mobil sedan tua, maka saya cukup beli kain plafon dengan panjang 1,5 meter sementara lebarnya (standar) 1,4 m plus lem aibon 350 mL (yang beli di Liman lebih murah daripada beli di toko besi).
Langkah pertama, buka penutup skrup pada handle grip plafon kemudian lepas semua skrupnya.
Kedua, buka lampu tengah.
Lepas mika dengan kuku |
Dibagian tengah ada skrup (+). Lepas skrup tersebut |
Ketiga : Lepas tutup dan skrup sun visor dan kaca spion tengah
Keempat : Sekarang lepas semua karet list yang nempel dipinggir pintu-pintu mobil. Untuk tahapan ini, sebelumnya kita harus melepas bangku belakang mobil. Terus lepas skrup yang menahan karet list pintu belakang.
Lepas skrupnya |
Tarik dan lepas list pintu |
Tarik dan lepas karet list pintu belakang |
Tancepan penahan panel list pada body mobil |
Gak perlu dicopot, cukup dilepaskan tancepan penahannya |
Ketujuh : Lepas tancepan penahan plafon.
Sekarang, harusnya plafon sudah mudah dilepas. Dan ternyata penampakannya seperti berikut :
Ada sedikit karat dan tanpa aluminium foil penahan panas. Cuman kain glass wol aja. Hadeuh.. Berarti tambah kerjaan ngelapisin flintkote pada atap dan nambah lapisan aluminium foil sebelum kain glass wol. Sayangnya, tahapan ini ane lupa foto. Jadi maaf gak ada fotonya :)
Selesai, ane cuci dulu panel list dan karet list sambil berharap bisa lebih bersih.
Yang kiri sudah dilap dengan cairan pembersih layar monitor, yang kanan belum |
Hasilnya :) |
Coba ganti suasana dengan konsep two-tone |
Wednesday, September 18, 2013
Aplikom D4 Ankes; Gasal 2013
- CKPP : Bisa download disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxbUhRYV82eEpsNzA/edit?usp=sharing
- Materi 1 : Sejarah perkembangan TIK dan Perkembangan komputer. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxalpBQTgtSHR5bWc/edit?usp=sharing (note : link video bisa dicari di Youtube.com)
- Materi 2 : Pengenalan Hardware dan Software. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxc0txRDJEYjduMXM/edit?usp=sharing
- Materi 3 : Pengantar manajemen file dan folder. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxZjNJSnVIdzF6blU/edit?usp=sharing
- Materi 4 : Pengenalan jaringan komputer. Bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxWm1iY2l6Q3p1YjQ/edit?usp=sharing
- Materi 5 - 7 : Mahir MS. Word. Materi bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxR1ZwTmlOLVc4Sm8/edit?usp=sharing
- Materi tambahan : Pemanfaatan style pada Ms. Word untuk pembuatan daftar isi secara otomatis. Materi bisa didownload disini : https://docs.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxZ3NFSWxTTEY0QWc/edit?usp=sharing
- Jawaban MID : bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxWG5YcmtJc0RuWnM/edit?usp=sharing
- Nilai MID :
- Bagi mahasiswa reguler, nilai anda bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxcWs3LXhudlJnT00/edit?usp=sharing
- Bagi mahasiswa transfer, nilai anda bisa didownload disini : https://drive.google.com/file/d/0B-gwXLM-LRHxLUhQVFJoY1lwcFE/edit?usp=sharing
Subscribe to:
Posts (Atom)