Wednesday, October 26, 2011

Jade, Netbeans and Intelligent Agent

JADE atau Java Agent DEvelopment Framework adalah sebuah framework yang memfasilitasi pengembangan aplikasi berbasis agent yang diimplementasikan dalam bahasa Java. Salah satu tujuan dari pengembangan Jade adalah menyederhanakan pengimplementasian Multi Agents System yang sesuai dengan spesifikasi FIPA. (Foundation for Intelligent, Physical Agent; http://fipa.org). Jade juga menyediakan seperangkat tools berbasis grafik untuk debugging sistem yang akan dikembangkan. Website Jade adalah http://jade.tilab.com. Jade dikembangkan pada tahun 1998 oleh Research & Development Departement of Telecom Italia, namun sejak tahun 2003, Jade menjadi software Open Source di bawah lisensi LGPL dengan hak cipta tetap dipegang oleh Telecom Italia.

Versi terbaru Jade adalah versi 4.1 yang dirilis pada tanggal 13 Juli 2011, dan karena Jade diimplementasikan dalam bahasa Java maka Jade membutuhkan persyaratan sistem minimal, yaitu Java (JDK) versi 1.4 atau yang lebih baru.

Oke, sebelum kita berbicara banyak bagaimana JADE bisa membuat agent, bahkan multi agents, kita share dulu bagaimana JADE kita manipulasi dan kita jalankan melalui Netbeans. Kenapa Netbeans? Ya karena JADE merupakan framework berbasis java, maka Netbeans adalah salah satu tools yang bisa kita gunakan untuk ngutak-ngatik dan ngoding JADE.

Yang pertama harus dilakukan setelah mendownload JADE adalah mengekstrak dan menempatkannya di direktori pilihan anda. Misalkan ditaruh di D:\JADE. Oke, jika sudah kita coba running test apakah JADE yang kita download bisa dijalankan melalui Netbeans atau tidak. Dan sekali lagi sebelum kita melanjutkan, mohon dipastikan bahwa anda telah menginstal java minimal JDK versi 1.4.



JADE sudah didownload dan diekstrak. JDK 1.4 atau later sudah didownload dan diinstal. Berikutnya, hehe.. Netbeans jangan lupa didownload dan diinstall juga. Untuk tutorial ini, ane masih menggunakan Netbeans versi 6.5. Saat tulisan ini dibuat, Netbeans terbaru adalah Netbeans 7.1 Beta, bisa anda download di http://netbeans.org/downloads/

Finish?? Oke action...

Pertama..
Buat project baru di Netbeans. Kategorinya Java Applications. Kemudian beri nama project tersebut. Misalkan : testJADE. Jika tidak ingin melengkapi isian wizard dengan lengkap, langsung saja klik finish.

Kedua..
Untuk menjalankan JADE, Netbeans memerlukan library tambahan, yaitu jade.jar dan commons-codec-1.3.jar Kedua library ini perlu ditambahkan pada project yang baru saja kita buat. Caranya : Klik kanan pada project > properties, kemudian pilih library pada wizard yang muncul.
Kemudian klik tombol Add JAR/Folder, browse ke kedua file library yang dibutuhkan.
File jade.jar ada pada folder JADE dengan alamat D:\jade\lib\jade.jar. Sedangkan file commons-codec-1.3.jar ada di alamat D:\jade\lib\commons-codec\commons-codec-1.3.jar

Setelah kedua library diinputkan klik OK untuk melanjutkan.

Ketiga..
Melakukan konfigurasi run secara customize. Tujuannya, adalah ketika Netbeans melakukan run pada project, yang dijalankan bukanlah main class yang default tetapi main class JADE dengan GUInya. Cara melakukan konfigurasi ini adalah : Klik kanan pada project > properties, kemudian pilih run pada wizard yang muncul.
Rubah nama configuration menjadi "custom" dengan meng-klik tombol New. Kemudian ganti Main Class dengan cara mengetik "jade.Boot" (tanpa tanda petik) dan ganti Arguments menjadi "-gui" (tanpa tanda petik). Jika sudah klik OK untuk melanjutkan.

Keempat..
Test Run dengan cara : klik kanan di project -> run
Jika muncul layar JADE Remote Agent Management GUI seperti berikut :
berarti kita telah mampu menjalankan JADE dari Netbeans.. Selamat..!!

1 comment: