Wednesday, December 14, 2011

Perlukah migrasi ke protégé 4.x?

Kebetulan dipertengahan bulan Desember 2011 ini, AXIOO yang biasa menemani daku bekerja sepertinya sudah perlu di-refreshing. Malas dengan segala cara tune-up, akhirnya aku pilih install ulang aja. Kebetulan
juga tertarik untuk mencoba Windows 8, yang katanya udah ada di pasaran. Cuman, setelah beberapa hari cari CD installer-nya ternyata di jalan Moses Gatot Kaca, Jogja belum ada. Akhirnya pinjam Windows XP SP3 aja. Pengen tau kayak apa!!

Yap, setelah install OS dan driver, maka protégé-ku perlu diinstall ulang. Versi yang dulu terinstall, adalah versi 3.4.4. Hhmm, perlu gak ya pake protégé 4.0? Yuk, kita cari tau..

Frames Support..
Dari link http://protegewiki.stanford.edu/wiki/Protege4Migration, saya dapat info klo Protégé 3.x support Frames editing melalui Protégé-Frames editor. Sedangkan protégé 4.0 belum memigrasikan halaman editing ini. Hmm, emang penting ya Frames Support? Protégé-Frames editor biasa ane pake untuk belajar membangun dan menyimpan ontology. Antarmuka Frames editor sangat nyaman dan fokus  dengan friendly form untuk membuat model knowledge dan memasukkan datanya, mirip seperti SQLYog.
Gambar 1. Protege-Frames Editor
OWL Support
Protégé 3.x mendukung OWL 1.0, OWL Full, RDF, RDF(S), SparQL, dan SWRL melalui SWRL Tab. Sedangkan Protege 4.0 sudah mendukung OWL versi 2.0 namun hanya mendukung pure OWL framework. Protégé 4.0 tidak mendukung OWL Full. Protégé 4.0 juga tidak mendukung SparQL. SWRL didukung melalui basic editor dan pellet for reasoning.

Kesimpulan
Hhhmmm, kok rasanya malah lebih powerfull yang Protégé 3.x ya?
Benar, Protégé 4.x, memang ditujukan bagi para developers yang membutuhkan dukungan teknologi dan fitur OWL 2.0 (seperti QCRs, role chains, property karakteristik tambahan, dll). Protégé 4.0 dikembangkan agar lebih ringan karena memang dioptimalkan untuk bekerja dengan Ontologi OWL di memori. Sedangkan bagi user yang masih ingin akses ke RDF dan masih membutuhkan tools yang belum dikonversi (misal : SPARQL, dukungan terhadap SWRL dan RDF(S)), protégé 3.x masih stabil dan powerfull.

So, install protégé 3.4.4 lagi aja!! He…

No comments:

Post a Comment