Sunday, December 4, 2011

Aplikasi Quran di Windows Mobile

Sudah sekitar tiga bulan, saya memiliki Windows smartphone. Bukan smartphone mahal, cukup low level entry smartphone. Semoga ZTE dan penggemarnya gak marah gadgetnya saya sebut low level.. Hehe.. Ya, saya membeli ZTE N75 pun bukan gress dari toko. Tp alhamdulillah masih sangat enak dipakai dan semua fitur masih berfungsi dengan baik.

Dengan sistem operasi windows, maka saya cukup leluasa untuk menginstal program tambahan. Salah satu yang dari awal ingin saya tambahkan ke HP ini adalah aplikasi al-quran digital. Karena sebelumnya saya sudah pernah menginstallkan iquran untuk HP Android, maka saya menginginkan kemudahan yang minimal sama dengan iquran, syukur-syukur jika mendapatkan yang lebih baik. Namun ternyata, tidak terlalu mudah mendapatkan alquran digital versi Windows. Butuh cukup waktu beberapa kali browsing dan download, karena ternyata aplikasi yang didownload belum terlalu sreg. Klo iquran yang di Samsung istri saya tampil penuh dan eye catching, yang saya dapatkan tampilan hurufnya kecil, cenderung sulit dibaca dan susah navigasinya.

Akhirnya saya coba download KFGQPC Quran, yang saya download di alamat : http://www.4shared.com/file/ub6LgE5B/KFGQPC_Holy_Quran.html. (Trims buat yang udah upload). Quran yang ada dialamat tersebut adalah installer versi cab. Jadi bisa langsung anda copykan ke handphone dan langsung anda install via File Manager. HANYA, nanti nginstallnya jangan ditempatkan ke memori handphone. Tempatkan saja ke memori eksternal, karena nanti kita akan mengintall pula font yang diperlukan untuk alquran ini. Jika aplikasi alqurannya sendiri hanya sekitar 8 MB, font-nya sendiri membutuhkan ruang sebesar 37an MB. :( Cukup aneh memang, makanya saya sarankan nginstallnya diarahkan ke memori eksternal saja. Untuk font, bisa anda download di alamat : http://rapidshare.com/files/299675937/KFGQPC_Fonts.CAB. Ini juga anda install dan arahkan ke memori eksternal. Maka nantinya anda akan mendapatkan alquran dan font ada difolder yang sama di memori eksternal.

Saya sudah mencobanya dan sukses bisa ngaji dari HP ZTE N75 saya. Kekurangannya, bahasa menunya menggunakan bahasa arab, jadi gak (belum) bisa eksplorasi. Kedua, navigasi untuk memilih surat yang ingin dibaca masih belum seluwes iquran di HP istri. Ketiga, anda harus mengenali cara aplikasi ini navigasi antar antar layar. Saat pertama kali anda mencoba, saya jamin pasti bingung anda terakhir ngaji di ayat berapa. Saya pun begitu. Hehe..

Btw, secara umum. Nyamanlah ngaji pake aplikasi ini. Nanti klo sudah dapat informasi aplikasi quran yang lebih baik akan saya shared lagi.. Ayo ngaji!! :)

NB : Mohon beritahu jika link download error. Karena saya menggunakan link orang lain, walaupun saat saya tulis blog ini, link tersebut sukses..

3 comments:

  1. setahu saya itu ada terjemaah, tafsir, audio, buat hafalan juga, bisa dirubah ke bahasa indonesia, software paling top. versi terbaru 1.2

    ReplyDelete
  2. gan errornih ane mw download gmana dong??

    ReplyDelete
  3. Klau punya link terjemahan indonesia tlg dishare. karena situs aslinya sudah gak bisa diakses. thx

    ReplyDelete