Monday, October 24, 2011

arsitektur vs organisasi (komputer)

Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa teknologi informasi adalah Arsitektur dan Organisasi Komputer, atau beberapa kampus sering menyingkatnya menjadi Arsikom. Ada kitab suci yang menjadi bahan bacaan wajib pada mata kuliah ini, yaitu bukunya William Stallings dan Andrew S. Tanenbaum. Bukunya Stalling berjudul "Computer Organization and Architecture Designing for Performance" saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 8th, sedangkan bukunya Tanenbaum adalah "Structured Computer Organization" yang saat ini edisi terakhirnya adalah edisi 5th.

Lantas apa sih esensi dari arsitektur komputer, dan apa pula maksudnya organisasi komputer? Apa perbedaan keduanya? Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer? Yuk kita lanjutkan.

Pada ruang lingkup ilmu komputer dan juga teknik komputer, arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh, misalkan si programmer ketika akan coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah "bagaimana software bekerja pada hardware".

Sedangkan organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya.

Mengapa kita harus mempelajari arsitektur dan organisasi komputer? Ini jawaban yang ane ringkas dari bukunya mbah Stallings :
  1. Students need to understand computer architecture in order to structure a program so that it runs more efficiently on a real machine. In selecting a system to use, they should be able to understand the tradeoff among various components, such as CPU clock speed vs. memory size
  2. Architecture extends upward into computer software because a processor’s architecture must cooperate with the operating system and system software. It is difficult to design an operating system well without knowledge of the underlying architecture
  3. Concepts used in computer architecture find application in other courses. In particular, the way in which the computer provides architectural support for programming languages and operating system facilities reinforces concepts from those areas
Contoh yang banyak mengutak-utik arsitektur dan organisasi komputer, misalkan : Microsoft dan Apple. Kedua perusahaan tersebut, terutama Apple berusaha membuat terobosan inovatif di dunia komputer. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu contohnya. Pada kedua teknologi baru tersebut, diterapkan arsitektur dan organisasi komputer yang berbeda basis dengan PC.

Semua komputer dapat dipandang sebagai sebuah struktur sistem besar yang terdiri dari banyak komponen dan kompleks. Setiap komponen memiliki struktur dan fungsi sendiri. Akan tetapi setiap komponen ini saling terkait dan saling terhubung untuk sebuah tujuan kolektif yaitu unjuk performansi komputasi. Itulah arsitektur dan organisasi komputer.

Friday, October 21, 2011

Ini dia mobil chevrolet bumblebee transformer..

Si Bumblebee naik daun lagi di Indonesia. Setelah dipromosikan di film Transformer, akhir-akhir ini dipromosikan juga ama infotainment gara-gara artis Raffi Ahmad memboyong ke garasi rumahnya yang katanya ditebus ama duit Rp. 2.000.000.000,-

Dari sisi tampilan body sih, dia mirip ama Dodge Challenger SR yang jadi idola dari kecil. Tapi memang sama-sama macho dan bikin PD yang nyupirinya.. Jadi ingat ungkapan orang tua yang sering diucapkan seorang teman : "Behind Every Great Man There's a Great Engine". hehe..

Mobil yang dijual di kaskus (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4034420) seharga kurang dari 1 M ini punya kapasitas mesin 6200 cc. Bah, kebayang gak tuh selang bbm kayak apa?
Dari hasil searching di Internet, ternyata di negara asalnya sana, mobil ini harganya "cuman" sekitar 320 juta aja. Gile, knp masuk Indonesia bisa jadi bejibun gitu nol-nya ya??

Thursday, October 20, 2011

Jangan asal ambil uang lintas ATM!!

Hari ini ada kejadian yang menyebabkan harus kehilangan 25rb. Mengapa? Sepele penyebabnya. Ambil uang dari rekening BNI di mesin ATM BCA..
Saat jari menekan tombol OK, sebenarnya ada perasaan gak enak yang muncul dan kepikiran terus.. Ternyata...

Ya, itulah..
Ada biaya tarik tunai sebesar 25rb :(( Menyesal? Yah, sudah terjadi. Mau diapain lagi.. Yang bisa dilakukan sekarang cuma share pengalaman biar gak ada yang mengalaminya lagi..

Kecerobohan lain adalah tidak membiasakan diri membaca ketentuan-ketentuan akan sesuatu hal. Ya, di website BNI (http://www.bni.co.id/Fitur_atm/fitur_atm.htm) sebenar sudah dicantumkan bahwa penarikan tunai di jaringan cirrus dikenakan biaya Rp. 25.000. Yang bikin tambah gelo, disebrang ATM BCA tersebut ada ATM BRI yang termasuk jaringan ATM Bersama. Biaya tarik tunai disana hanya Rp. 3000 saja!! Arrrrggrh..

Dilihat dari sisi biaya untuk pengambilan uang di mesin ATM Bank lain, masih lebih murah Mandiri. Dari websitenya (http://www.bankmandiri.co.id/article/faq-am.aspx), hehe, saya juga baru tahu klo Bank Mandiri tidak ada kerjasama dengan jaringan ATM BCA (Cirrus).
  • ATM Link : Penarikan Rp. 3.900,-, Inquiry Rp. 2.000,-
  • ATM Bersama : Penarikan Rp. 5.000,-, Inquiry Rp. 3.000,- dan Transfer 5.000,-
  • ATM Visa : Penarikan Rp. 15.000,-, Inquiry Rp. 3.000,-
Ya, intinya dari kesialan ini adalah kurang membaca.. Coba aja klo mau meluangkan waktu untuk baca aturan dan ketentuannya...

Wednesday, October 19, 2011

Netlogo, salah satu tools intelligent agent

Masih ingat apa itu intelligent agent? Hehe.. Gak ada kaitannya sama agen-agen rahasia yang suka bawa pistol Glock dibalik jasnya ya. Klo lupa baca dulu deh : http://ar-wdh.blogspot.com/2011/10/intelligent-agent-sebuah-teori.html

Netlogo  dibuat  oleh  Uri  Wilensky  pada  tahun 1999 dan sejak saat itu terus dikembangkan di-Center for Connected Learning and Computer-Based Modeling. Netlogo adalah tools untuk pemodelan yang dapat diprogram untuk mensimulasikan fenomena social dan natural. Netlogo dapat digunakan untuk memodelkan sistem yang komplek. User (atau istilah di netlogonya adalah Observer) dapat memberikan instruksi kepada ratusan atau ribuan agent untuk beroperasi secara independen. Ini memberikan kemungkinan untuk mengeksplorasi pola hubungan perilaku level mikro dan makro dari agent yang muncul dari interaksi banyak agent. Aplikasi terbaru (Version 4.1.3 yang dirilis pada April 2011) dan panduan user manual Netlogo dapat didownload di homepage Netlogo dengan alamat : http://ccl.northwestern.edu/netlogo/index.shtml

Oke, sebelum menuju tulisan bagaimana memanfaatkan Netlogo untuk membuat agent, kita pahami dulu istilah / terminologi di Netlogo.
  1. World
    Istilah worlf pada netlogo untuk menjelaskan environment tempat agent berjalan atau berinteraksi, istilah environment sering digunakan bergantian dengan istilah world.world biasanya terdiri dari sekumpulan patches dan memiliki titik koordinat pada setiap patches yang membentuknya.
  2. Agent
    Agent  adalah suatu objek yang dapat melakukan sesuatu di dalam environment,setiap agent  bersifat autonomous dan dapat berjalan secara simultan. Ada  4 tipe agent pada netlogo antara lain  turtles,patches,link dan observer.
  3. Turtles
    Adalah agent yang bergerak di environment .Dengan kata lainistilah agent yang bergerak atau berada diatas patches adalah turtles.turtles tidak memiliki titik koordinat.
  4. Patches
    Patches adalah agent yang tidak dapat bergerak dan memiliki titik koordinat (x,y) pada environment.kumpulan patches membentuk environment.patches juga memiliki kemampuan untuk membentuk turtles
  5. Link
    Kita dapat menghubungkan dua turtles didalam environment ,kemanapun  turtles tersebut bergerak didalam environment mereka tetap terhubung sebagai satu link yang sama.
  6. Observer
    Observer bisa dikatakan external agent yang dapat memanipulasi semua agent yang ada pada environment,observer memiliki  perintah yang berlainan untuk memanipulasi agent yang ada.Observer tidak dapat dilihat secara visual pada environment.Ciri khas untuk mengetahui suatu prosedur didalam program dibuat dari sudut pandang observer adalah adanya perintah ASK pada awal suatu perintah.
  7. Breed
    Turtles dapat diturunkan menjadi "turtles dengan karakteristik tertentu" misalnya sekumpulan agent berwarna merah,agent dengan warna putih dan lain sebagainya.Konsep breed merupakan konsep yang penting jika ingin membuat multi agent dengan karakteristik dan tugas yang berbeda-beda.perintah ini biasanya dideklarasikan pada bagian atas program
Satu lagi yang penting di Netlogo, istilah saat kita membuat objek :
Ya, objek-objek pada Netlogo bisa berupa tombol (button), slider, switch, chooser, dll. Apa fungsinya? Ah untuk sementara fungsinya seperti yang ada dalam imajinasi anda. Button atau tombol berfungsi untuk menjalan suatu aksi tertentu.. Yah, seperti itulah.. Untuk lebih lengkapnya, tunggu seri berikutnya.. :)


Tuesday, October 18, 2011

What is Flashdisk?

Dua minggu terakhir ini cukup banyak pertanyaan-pertanyaan mendasar dari Dosen Arsikom. Dan mirisnya pertanyaan tersebut sebagian besar tidak dapat terjawab dengan baik dan tuntas. Contohnya seperti pertanyaan di atas tersebut.

Ajaibnya, ternyata ketika search di mbah Google, ternyata istilah "flashdisk" terutama dengan penulisan disambung seperti itu tidak dikenali pada pencarian dari page-page luar negeri. Semua mengarah ke term Flash Drive, dengan penulisan dipisah. He.. he.. Baru tau ane..

Flashdrive adalah perangkat penyimpan yang menggunakan flash memory. Ada dua tipe flash memory, yaitu : NAND Flash Memory dan NOR Flash Memory. Kedua tipe tersebut merujuk pada gerbang logika yang digunakan pada setiap sel memori. NAND Flash Memory digunakan pada perangkat yang sering menangani file dalam ukuran besar dan sering dipertukar-simpan dengan perangkat lain, seperti MP3 Player, kamera digital, USB Flash drive. Sedangkan NOR Flash Memory lebih cepat dibandingkan NAND Flash memory, namun lebih mahal. NOR Flash Memory lebih banyak digunakan pada CMOS.

Flash memory bersifat non-volatile dan menggunakan memori bertipe electrically erased and programmable read only memory (EEPROM) dan terbuat dari solid state. Ini berarti bahwa tidak ada system mekanik di dalamnya, semuanya bekerja secara elektronik. Jika ditinjau dari fungsinya, flashdrive serupa dengan harddrive konvensional dan secara teknologi ditujukan untuk menggantikan harddrive.

Komponen-komponen internal sebuah Flash Drive secara umum :
  1. Sambungan USB
  2. Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
  3. Titik percobaan
  4. Chip flash memory
  5. Oscilator crystal
  6. LED
  7. Write-protect switch
  8. Ruang kosong untuk chip memory kedua

Pertanyaan berikutnya, jika kita mengenal teori jangan mendekatkan kaset/tape dan disket ke medan magnet karena bisa menyebabkan data yang dikandungnya hilang. Lantas, Are flash drives vulnerable to damage from magnet fields?

Sejatinya pertanyaan ini pun kembali membuat otak cukup panas karena terus terang : ane gak tahu..... hu.. hu.. hu..
Bahkan untuk mencari jawaban pertanyaan ini di google pun lebih sulit. Mengapa? Karena hasil search yang terkait tidak mencantumkan sumber ilmiah dalam postingan artikel yang menyinggung-nyinggung pokok bahasan flashdisk (eh flash drive) dengan magnetic field. 

Hanya saja dari beberapa website yang ditemukan, misal : http://www.pcworld.com/article/116572/busting_the_biggest_pc_myths.html dan juga website tanya jawab lainnya, menjelaskan bahwa flash drive dibangun dari bahan bahan dasar solid state semiconductor dan tidak ada bahan yang mengandung magnet. Karenanya medan magnet secara umum tidak cukup kuat untuk mempengaruhi electron yang bekerja di dalamnya. 

Pada halaman website lain, ada juga yang mengatakan “in theory a strong enough magnet could disturb the electrons in the flash drive and destroy the data, but a magnet powerful enough to do that would also be pulling the iron right out from your blood cells!
Jadi berdasarkan fakta-fakta di atas, maka sedikit berani saya simpulkan bahwa flash drive yang terdiri dari solid state semiconductor tidak rentan rusak terhadap medan magnet. :)

DDR-RAM? Cache pada DRAM?

What is DDR-RAM? And how about the issue adding more cache on the DRAM memory?
DDR-RAM (Double Data Rate - RAM) adalah salah satu jenis memori pada komputer. Istilah DDR ini sebenar mengacu pada kemampuan RAM DDR untuk menghasilkan bandwith yang hampir 2x lipat dibandingkan RAM SDR (Single Data Rate) pada frekuensi clock yang sama.

Dibandingkan dengan SDR, interface DDR mengontrol lebih ketat clock signals. Caranya, interface menggunakan double pumping untuk mentransfer data baik pada saat sinyal naik dan juga saat sinyal turun. Dengan demikian DDR membutuhkan clock frequency yang lebih rendah untuk mentransfer data yang sama jika dibanding dengan SDR. Keuntungannya adalah mengurangi kebutuhan integritas sinyal yang menghubungkan memori dengan controller.

Monday, October 17, 2011

Mengapa RAM? Mengapa Random? SRAM? DRAM?

Mengapa SRAM lebih cepat jika dibandingkan dengan DRAM?
Menurut informasi sementara, hal ini dikarenakan adanya mekanisme refreshing pada DRAM. Pada saat refreshing dijalankan, memory tidak dapat dibaca.

Mengapa disebut random akses?
RAM disebut "random access" karena setiap lokasi penyimpanan di RAM dapat diakses secara langsung. Adalah IBM yang mempopulerkan istilah direct access storage atau memori (RAM). Ditinjau dari sudut pandang organisasi komputer, RAM dibuat dan dikontrol agar data dapat disimpan dan diakses/diambil secara langsung ke lokasi tertentu. http://whatis.techtarget.com/definition/0,,sid9_gci523855,00.html
Sebenarnya istilah random akses tidak mutlak milik RAM saja, karena contoh penyimpanan yang lain (seperti hard disk dan CD-ROM) juga accessed directly (or "randomly") tetapi istilah random access tidak diterapkan pada bentuk penyimpanan ini.



What RAM Looks Like

In general, RAM is much like an arrangement of post-office boxes in which each box can hold a 0 or a 1. Each box has a unique address that can be found by counting across columns and then counting down by row. In RAM, this set of post-office boxes is known as an array and each box is a cell. To find the contents of a box (cell), the RAM controller sends the column/row address down a very thin electrical line etched into the chip. There is an address line for each row and each column in the set of boxes. If data is being read, the bits that are read flow back on a separate data line. In describing a RAM chip or module, a notation such as 256Kx16 means 256 thousand columns of cells standing 16 rows deep.

In the most common form of RAM, dynamic RAM, each cell has a charge or lack of charge held in something similar to an electrical capacitor. A transistor acts as a gate in determining whether the value in the capacitor can be read or written. In static RAM, instead of a capacitor-held charge, the transistor itself is a positional flip/flop switch, with one position meaning 1 and the other position meaning 0.

Externally, RAM is a chip that comes embedded in a personal computer motherboard with a variable amount of additional modules plugged into motherboard sockets. To add memory to your computer, you simply add more RAM modules in a prescribed configuration. These are single in-line memory modules (SIMMs) or dual in-line memory modules (DIMMs). Since DIMMs have a 64-bit pin connection, they can replace two 36-bit (32-bits plus 4 parity bits) SIMMs when synchronous DRAM is used. Laptop and notebook computers contain smaller 32-bit DIMMs known as small outline DIMMs (SO DIMMs).

How Data Is Accessed

When the processor or CPU gets the next instruction it is to perform, the instruction may contain the address of some memory or RAM location from which data is to be read (brought to the processor for further processing). This address is sent to the RAM controller. The RAM controller organizes the request and sends it down the appropriate address lines so that transistors along the lines open up the cells so that each capacitor value can be read. A capacitor with a charge over a certain voltage level represents the binary value of 1 and a capacitor with less than that charge represents a 0. For dynamic RAM, before a capacitor is read, it must be power-refreshed to ensure that the value read is valid. Depending on the type of RAM, the entire line of data may be read that the specific address happens to be located at or, in some RAM types, a unit of data called a page is read. The data that is read is transmitted along the data lines to the processor's nearby data buffer known as level-1 cache and another copy may be held in level-2 cache.

For video RAM, the process is similar to DRAM except that, in some forms of video RAM, while data is being written to video RAM by the processor, data can simultaneously be read from RAM by the video controller (for example, for refreshing the display image).


How Memory Access Works
Information is stored by first separating the memory area into rows and columns. The capacity of the individual chips determines the number of rows and columns per module. When several arrays are combined, they create memory banks.

The chips are actually accessed by means of control signals such as row address strobe (RAS), column address strobe (CAS), write enable (WE), chip select (CS) and several additional commands (DQ). You also need to know something about which row is active in the memory matrix at any given moment.

In today's computers, a command rate is defined in BIOS - generally 1-2 cycles. This describes the amount of time it takes for the RAS to be executed after the memory chip has been selected.

The memory controller selects the active row. But before the row will actually become active so that the columns can be accessed, the controller has to wait for 2-3 cycles - tRCD (RAS-to-CAS delay). Then it sends the actual read command, which is also followed by a delay - the CAS latency. For DDR RAM, CAS latency is 2, 2.5 or 3 cycles. Once this time has lapsed, the data will be sent to the DQ pins. After the data has been retrieved, the controller has to deactivate the row again, which is done within tRP (RAS precharge time).

There is one more technical restriction - tRAS (active-to-precharge delay). This is the fewest number of cycles that a row has to be active before it can be deactivated again. 5-8 cycles are about average for tRAS.

Memory timings are generally cited in order of importance:
http://www.tomshardware.com/reviews/ups-downs,743-3.html


How RAM Effectiveness is Measured

The amount of time that RAM takes to write data or to read it once the request has been received from the processor is called the access time. Typical access times vary from 9 nanoseconds to 70 nanoseconds, depending on the kind of RAM. Although fewer nanoseconds is better, user-perceived performance is based on coordinating access times with the computer's clock cycles. Access time consists of latency and transfer time. Latency is the time to coordinate signal timing and refresh data after reading it.

Buktikan bahwa tipe RAM pada laptop & PC berjenis DRAM (Dynamic RAM)

Kalimat yang menjadi judul di atas meluncur dari dosen Arsitektur dan Organisasi Komputer ketika pembahasan mengenai memory. Terus terang susah-susah gampang menjawab pertanyaan tersebut, karena diawali dengan kata perintah "buktikan!!"..

Sebenarnya, klo pengen menjawab sambil lalu, bisa saja kita jelaskan dari spesifikasi RAM yang banyak tertera di brosur pameran. Contoh :
RAM : 1 GB DDR SDRAM

Itu kan artinya RAM tersebut sebesar 1 GB bertipe DDR SDRAM atau (Double Data Rate - Synchronous Dynamic RAM). Tuh ada kata "Dynamic RAM"nya. Berarti DRAM kan?! :)

Oke deh.. Untuk mencoba membuktikannya, kita awali dari pembahasan DRAM.
DRAM (Dynamic Random Access Memory; Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling banyak dipakai untuk komputer workstation dan PC (http://searchstorage.techtarget.com/definition/DRAM). DRAM menyimpan data pada sebuah kapasitor. Seperti kita ketahui. Kapasitor dapat bernilai 0 dan 1. Bernilai 0 jika kapasitor dalam keadaan discharged dan bernilai 1 jika dalam keadaan charged. Pada saat kapasitor bernilai 1 itulah kapasitor tersebut dapat menyimpan bit-bit data.

Namun karena sifat kapasitor yang mudah kehilangan catu daya (efeknya adalah kehilangan kekuatan untuk menyimpan data) maka dibutuhkan suatu mekanisme refresh untuk me-charge kembali kapasitor agar kembali bernilai 1. Mekanisme refresh inilah yang membedakan DRAM dengan SRAM (Static RAM).

Dahulu, DRAM dibuat dalam bentuk DRAM IC individual. Namun pada perkembangannya, DRAM dibuat dalam bentuk multichips plugin modul. Berikut adalah tipe-tipe modul standar DRAM :
  • Dual In-line Package (DIP) -- merupakan produk yang tersusun dari DRAM IC individu. Terdiri dari 16 pin. Digunakan oleh pre-FPRAM.
  • Single In-line Pin Package (SIPP)
  • Single In-line Memory Module (SIMM). SIMM 30 pin digunakan oleh FPRAM. SIMM 72 pin digunakan oleh EDO-RAM.
  • Dual In-line Memory Module (DIMM). DIMM 168-pin (SDRAM). DIMM 184-pin (DDR SDRAM). DIMM 240-pin (DDR2 SDRAM/DDR3 SDRAM)
  • Rambus In-line Memory Module (RIMM). RIMM 184-pin (RDRAM)
  • Small outline DIMM (SO-DIMM). 
    • SO-DIMM 144-pin (64-bit) used for PC100/PC133 SDRAM
    • SO-DIMM 200-pin (72-bit) used for DDR and DDR2
    • SO-DIMM 204-pin (64-bit) used for DDR3
Dari penjelasan DRAM di atas, terlihat bahwa modul-modul DRAM digunakan untuk membangun RAM berjenis SIMM (untuk RAM bertipe Edo-RAM), DIMM (untuk RAM bertipe SDRAM hingga DDR) dan SO-DIMM (untuk RAM yang digunakan laptop/netbook). Nah..
Berarti sekarang dapat disimpulkan bahwa RAM yang terdapat di laptop dan PC adalah RAM yang berjenis DRAM :)

Saturday, October 15, 2011

Test Power Supply Unit (PSU)

Dapat info berharga dari blog lain (http://agussale.com/tes-kerusakan-power-supply-unit). Eman-eman klo cuman dibaca begitu saja. Bisa lupa. Karenanya tak coba menulis ulang dalam gaya bahasa sendiri.. Check it out..

Jika suatu saat ketika tombol Power On dipencet namun ternyata PC kesayangan anda diam saja tanpa memberikan reaksi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kerusakan PSU, tapi bisa juga bukan.. Bisa jadi prosesornya, bisa jadi motherboardnya.. Nah lo, terus yang mana yang rusak?



Nah ada satu teknik sederhana untuk tes apakan PSU kita rusak atau masih berfungsi. Disebut sederhana, karena tidak perlu alat (misal : multitester) yang belum tentu kita memilikinya. Disebut sederhana, karena untuk melakukan tes ini hanya butuh kabel. Sembarang kabel kecil berukuran 10/15 cm saja.



Oke kita mulai..
Pertama, kita copot dulu kabel AC In dari stop kontak ke PSU. Kemudian copot juga kabel output PSU dari Mainboard.

Berikutnya siapkan kabel kecil yang telah dikupas sedikit dikedua ujungnya. Ujung satu dari kabel kecil ini dicolokkan ke konektor yang berwarna hijau. Kenapa harus hijau? Karena kabel hijau itu berfungsi sebagai DC-ON.

Sedangkan ujung dari kabel kecil lainnya dicolokkan ke konektor yang berwarna hitam (bebas, hitam yang mana saja). Kenapa harus hitam? Good Question, dlm ilmu elektronika, kabel hitam biasa difungsikan sebagai kabel ground. Lalu apa tidak boleh dicolokkan ke kabel lain?

Wah, kritis nih.. :)
Boleh, asalkan satu ujung kabel kecil di warna hijau, lainnya boleh dicolokkan ke konektor warna lain.. Sudah?



Jika sudah, kemudian colokkan kabel AC In dari stop kontak ke PSU. Jika kipas PSU nyala berputar, berarti PSU kita masih OK. Jika tidak, coba periksa sekali lagi apa kabel kecil kita sudah nancap dengan baik ke konektor? Jika iya, berarti ya... sudah saatnya kita beli PSU baru.. :)

Wednesday, October 5, 2011

Intelligent Agent (Sebuah teori Kecerdasan Buatan dalam Software Engineering)


Ternyata apa yang selama ini dijalani bukan hanya menjadikan seperti katak dibawah tempurung, tapi seperti katak dibawah tempurung dibawah helm. Dunia diluar sana jauh lebih berwarna ternyata. Hehe..

Dikira intelligent agents adalah sebuah teori baru dalam software engineering, tapi ternyata diluar sana sudah sedemikian pesat. Okelah, gak apa2. Kita shared saja apa sudah diketahui. Silahkan..

Definisi
Guralnik (1983) menjabarkan definisi agen yang diperolehnya dari kamus Webster’s New World Dictionary, sebagai :
A person or thing that acts or is capable of acting or is empowered to act, for another

Dari kalimat tersebut Wahono (2001) menjabarkan dua poin penting pengertian agen :

  • Agen mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu tugas/pekerjaan
  • Agen melakukan tugas/pekerjaan tersebut dalam kapasitas untuk sesuatu atau untuk orang lain.

Kemudian Caglayan et al., (1997), mendefinisikan software agent sebagai : Suatu software komputer yang memungkinkan user mendelegasikan tugas/pekerjaan kepadanya dan software komputer tersebut mampu bekerja secara mandiri (autonomously).
Pada prakteknya dalam suatu sistem dimungkinkan terdapat lebih dari satu agent yang saling bekerja sama. Sistem agent dengan lebih dari satu agent disebut multi agent system (MAS). Multi agent System adalah suatu paradigma pengembangan sistem dimana dalam suatu komunitas sistem terdapat beberapa agent, yang saling berinteraksi, bernegosiasi dan berkoordinasi satu sama lain dalam menjalankan pekerjaan (Romi, 2001)

Karakteristik Agent
Wahono (2001) merangkum karakteristik yang dimiliki software-software agent saat ini :
  1. Autonomy
    Agent harus dapat melakukan tugas secara mandiri tanpa dikontrol secara langsung oleh user, agent lain ataupun oleh lingkungan (environment). Woolridge et al., (1995) menyatakan agent harus dapat mengontrol aksi yang mereka perbuat. Dan kemampuan ini berbanding lurus dengan intelligence dari agent.
  2. Intelligence, Reasoning dan Learning
    Karakteristik ini merupakan karakteristik dasar untuk bisa disebut agent. Pada konsep intelligence, ada tiga komponen yang harus dimiliki : internal knowledge base, kemampuan reasoning berdasar pada knowledge base yang dimiliki dan kemampuan learning untuk beradaptasi terhadap lingkungan.
  3. Reactivity
    Karakteristik  agent  yang lain adalah kemampuan untuk bisa cepat beradaptasi dengan adanya perubahan informasi yang ada didalam suatu lingkungan (environment). Lingkungan itu bisa mencakup:  agent lain, user, adanya informasi dari luar, dsb  (Brenner et. al., 1998)
  4. Proactivity dan Goal-Oriented
    Proactivity boleh dikata adalah kelanjutan dari sifat  reactivity.  Agent tidak hanya dituntut bisa beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, tetapi juga harus mengambil inisiatif langkah penyelesaian apa yang harus diambil  (Brenner et. al., 1998). Untuk itu  agent  harus didesain memiliki tujuan  (goal) yang jelas, dan selalu berorientasi kepada tujuan yang diembannya (goal-oriented).
  5. Communication and Coordination Capability
    Agent harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan user dan juga  agent  lain. Misalkan masalah komunikasi dengan user (termasuk user interface dan perangkatnya), kemudian masalah koordinasi, dan kolaborasi dengan agent lain menjadi isu penting dalam pengembangan Multi Agent System (MAS). Untuk dapat berkoordinasi dengan agent lain dalam menjalankan tugas, diperlukan bahasa standard untuk berkomunikasi. Salah satu contoh bahasa dan protokol komunikasi antar agent adalah Knowledge Query and Manipulation Language (KQML) dan Knowledge Interchange Format (KIF).

Ada satu contoh aplikasi sederhana yang cukup menarik. Namanya Ant Lines. 
Screen shootnya seperti berikut :

Contoh program ini memodelkan perilaku semut ketika mengikuti pemimpinnya menuju sumber makan. Si pemimpin bergerak menuju makanan secara acak, kemudian dengan jeda kecil, semut kedua mengikuti dengan jalur langsung menuji sipemimpin berada. Setiap semut berikutnya mengikuti semut didepannya dengan cara yang sama.
Meskipun si semut pemimpin mungkin mengambil jalur yang sangat memutar untuk menuju sumber makanan, secara mengejutkan jejak semut mengadopsi bentuk yang halus. Meskipun belum jelas apakah model ini adalah model biologis akurat dari perilaku semut, ini adalah eksplorasi matematika dari perilaku yang muncul dari serangkaian agen yang saling mengikuti secara serial.

Friday, September 23, 2011

Artificial Intelligence (Gasal 2011)

Materi Perkuliahan :
  1. Kontrak Kuliah
    GBPP MK Artificial Intelligence/Kecerdasan Tiruan bisa download disini : http://www.4shared.com/document/GdwlUC5_/gbpp-kecerdasan-buatan.html
  2. Pengantar dan Penjelasan Umum AI
    Materi Penjelasan Umum AI bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/Yeefm4x3/Pert1-PendahuluanAI.html
    Pada bagian ini dibahas mengenai definisi dan history dari bidang ilmu AI. Kemudian ada pembahasan mengenai komponen dasar AI, perbedaan antara AI dan kecerdasan alami serta contoh-contoh penerapan teknologi AI yang telah ada di dunia ini.
  3. Masalah dan Ruang Keadaan (atau Problems and State Space)
    Materi Masalah dan Ruang Keadaan bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/qiTb60Uc/pert2-MasalahDanRuangKeadaan.html
    Inti dari bagian ini adalah sharing mengenai teknik penyelesaian masalah. Bagaimana kita dapat mendefinisikan sebuah masalah dengan tepat. Ruang keadaan atau state space dibahas tuntas untuk menguraikan masalah hingga tujuan yang diharapkan.
  4. Pelacakan/Pencarian (Searching)
    Materi bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/7SJS9xfZ/pert3-PencarianDanPelacakan.html
    Inti dari materi ini adalah mencari solusi dari suatu permasalahan melalui sekumpulan kemungkinan ruang keadaan (state space)

    Oke, sebelum kita lanjutkan ke materi selanjutnya. Saya ingin anda-anda mengerjakan tugas mandiri ini terlebih dahulu.

    Jelaskan dengan disertai contoh kasus, mengapa permasalahan harus dijabarkan ke dalam ruang keadaan dan diperdalam dengan teknik pencarian? Bagaimana jika tidak menggunakan kedua metode tersebut?

    Anda jawab bersama teman (1 lembar jawaban dikerjakan oleh 2 mahasiswa) dan dikirim ke email saya paling lambat hari Kamis 27 Okt 2011 jam 17.00 WIB.
  5. Representasi Pengetahuan

    ==================================
    Kisi-kisi ujian mid AI gasal 2011 :
    • Dua soal mengenai logika teori. Anda akan diminta untuk menjelaskan sebuah teori yang ada didalam dunia AI disertai dengan contoh.
    • Anda juga diminta membuat ruang keadaan untuk dua buah kasus yang sudah saya tentukan di soal. Jadi banyak latihan membuat ruang keadaan akan sangat membantu
    • Anda juga akan diminta untuk membuat pencarian terhadap sebuah kasus.
    • Total soal ada 4 untuk dikerjakan selama 90 menit.
    • Semoga sukses..
    ==================================
    Jawaban mid gasal 2011, bisa anda download disini : http://www.4shared.com/document/NBoPqxAL/mid__ganjil_1112_ai-jawaban.html
    Untuk nilainya sabar ya.. Sedang saya perjuangkan.. :)
    ==================================
    • Ketidakpastian
      Inti dari materi ini adalah bagaimana merepresentasikan permasalahan yang mengandung unsur ketidakpastian. Materi ini bisa anda download disini : http://www.4shared.com/document/dvMcHir5/pert6-representasi-ketidakpast.html
    • Sistem Pakar
      Slide kuliah bisa didownload disini : http://www.4shared.com/office/aPCNJHdj/pert7-sistem-pakar.html. Silahkan juga dibaca suplement bacaan yang saya ambil dari tulisan Ari Fadli di web IlmuKomputer.Com : http://www.4shared.com/office/C249viP1/pert7-Supl-Ari_Fadli_Sistem_Pa.html.
    • Logika Samar
    • Jaringan Syaraf Tiruan
      Slide kuliah silahkan didownload disini : http://www.4shared.com/office/f40rilEI/pert9-jst.html
    • Algoritma Genetika
    ===========================
    Nilai akhir anda :
    UAS MID Harian Skala 100 Skala 5 Huruf
    anthony 70 72 80 85 4 A
    eksyan 65 56 69 72.85714 3.2 B
    pranoto 73 62 83 85 4 A
    ali 60 68 69 73.42857 3.4 B
    tri putra 78 87 79 85 4 A
    maryanto 69 67 75 80 3.7 B
    agus 67 73 67 78.28571 3.7 B
    bayu 70 69 69 79.42857 3.7 B
    febri 55 64 56 65.71429 2.6 C
    hendra 57 38 60 60.57143 2.1 C

    DSS (Gasal-2011)

    Materi Pertemuan :

    1. Kontrak Kuliah, Penjelasan Materi secara global (GBPP dan SAP)
      GBPP DSS untuk semester gasal 2011/2012 bisa didownload disini : (http://www.4shared.com/file/kWEyzVSQ/gbpp-dss.html)
    2. Dasar Konseptual DSS
      Materi bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/DGva-S2d/pert1-PengantarDSS.html
    3. Kerangka DSS
      Materi bisa didownload disini : http://www.4shared.com/document/w0lVlCL2/pert2-Kerangka_DSS.html 

      Sebelum masuk ke sub-bab berikutnya, saya ingin ada tugas mandiri mahasiswa terlebih dahulu. Berikut deskripsi tugasnya :
      Ada banyak metode single DSS : promethe, fuzzy, AHP, topsis, dll. Sedang metode-metode untuk group DSS : borda, Delphi group, criteria rating, dll. Anda dan seorang teman saya minta mencari artikel, paper, jurnal yang membahas kasus single DSS dan group DSS.

      Dari kedua paper yang anda peroleh, saya minta anda buat artikel mengenai case dan metode cara penyelesaiannya.

      Artikel tersebut, harus sudah anda emailkan ke saya paling lambat hari Kamis 27 Okt 2011 sore pukul 17.00 WIB agar Sabtu depan bisa kita diskusikan. Oke Guys, silahkan anda kaji secara mandiri terlebih dahulu..
    4. Model-model/metode single DSS
      • Fuzzy
        Saya menggunakan file yang saya temukan di internet untuk menyampaikan materi fuzzy pada anda semua.
        - Slide kuliah bisa anda download disini
        - Sebagai supplement, anda bisa membaca pengantar fuzzy yang bisa didownload disini

      =======================================
      Untuk kisi-kisi ujian mid gasal 2011 :
      • Persiapkan paper terkait DSS, paper nantinya ikut dikumpulkan
      • Pelajari skema sistem DSS
      • Pelajari kasus-kasus DSS dengan metode fuzzy
      • Pelajari komponen sistem DSS
      • Total ada 6 soal, dengan point maksimal 100 dalam waktu maksimal 100 menit
      • Semoga sukses..
      =======================================
      Jawaban UTS, bisa anda download disini : http://www.4shared.com/document/Jmi0cbTb/mid_ganjil_1112_spk-jawaban.html
      =======================================

      • Pengantar GDSS (Group Decision Support System)
        - Materi kuliah bisa didownload di sini : http://www.4shared.com/office/mqgf8sbF/pert6-GDSS.html
        /pert61-ModellingGDSS-Borda.html
      • Model-model/metode GDSS
        - Modelling perhitungan GDSS bisa didownload disini : http://www.4shared.com/office/AI7FWTem
      =================================
      Jawaban ujian akhir, bisa anda download disini : http://www.4shared.com/office/MvCnfVYG/jawaban-uas_ganjil_1112_spk-fo.html
      Nilai akhir anda :
      UAS MID harian Skala 100 Skala 5 Huruf
      anthony 64 91 75 73.5 3.4 B
      eksyan 41 50 75 51.75 1.7 D
      pranoto 59 83 85 71.5 3.2 B
      ali 40 52 65 49.25 1.5 D
      tri putra 80 90 80 82.5 3.9 B
      maryanto 70 80 80 75 3.5 B

      Thursday, September 22, 2011

      Profil, Sejarah dan Arsitektur Android OS


      Android adalah sebuah Operating System (OS) yang dikembangkan oleh Google untuk mobile device atau yang lebih kita kenal sebagai smartphone. OS ini bersifat open source.

      Salah satu kelebihan dari Android adalah ketersediaan aplikasi dari berbagai macam kategori: sosial, hiburan, permainan, dsb. Para developer bisa mengembangkan aplikasi sesuai dengan minat mereka masing-masing menggunakan Software Development Kit (SDK) yang telah didistribusikan oleh Google. Karena Android adalah OS dengan bentuk open source, OS ini dapat terus dikembangkan dan memiliki evolusi yang sangat cepat sesuai dengan pertambahan jumlah aplikasi.

      Sejarah Android

      Pada bulan Juli tahun 2005, Google mengakuisisi banyak perusahaan start-up, termasuk sebuah perusahaan kecil perancang software untuk mobile phones bernama Android Inc. Salah satu pendiri Android Inc adalah Andy Rubin, yang sekarang menjabat sebagai Director of Mobile Platforms di Google.

      Akuisisi Android Inc. diikuti oleh rumor tentang rencana Google membuat handsetnya sendiri untuk membantu pengembangan fungsi mobile searchnya. Kabarnya juga, handset ini akan menghadirkan location-based servicesserta mengimplementasikan semua ide dari Google Labs, termasuk dua aplikasi terfavorit, Maps dan Mail.

      Setelah penantian cukup panjang, akhirnya perusahaan yang berbasis di California ini mengumumkan pada 5 November 2007 bahwa mereka sedang merancang sebuah open-source OS baru bernama Android untuk bersaing dengan Symbian, Microsoft, dan lain-lain.

      Arsitektur Android

      Google menggambarkan Android seperti sebuah tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini terdiri dari beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi. Inilah susunan Android dilihat dari lapisan dasar hingga lapisan paling atas!

      Di lapisan teratas ada aplikasi itu sendiri. Di lapisan inilah kamu akan menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti menelepon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak, dan lain-lain. Inilah lapisan yang akan sering diakses oleh para pengguna. Mereka mengakses fungsi-fungsi dasar tersebut melalui user interface.

      Google menjabarkan aplikasi ke dalam empat blok bangunan dasar (tidak semua aplikasi mempunyai keempatnya) yaitu :

      • Activities ketika sebuah aplikasi memunculkan screen di layar. Sebagai contoh, sebuah aplikasi GPS mempunyai screen peta dasar, screen rencana perjalanan, dan screen rute di atasnya. Ketiga penampakan screen inilah yang disebut activities.
      • Intents mekanisme perpindahan dari suatu activity ke activity lainnya. Sebagai contoh ketika merencanakan perjalanan pada aplikasi GPS, intents akan menginterpretasi input dan mengaktifkan screen rute di atas screen peta.
      • Services serupa dengan service di PC dan server, program yang berjalan di belakang layar, tanpa interferensi dari pengguna.
      • Content Provider yaitu mekanisme yang memungkinkan sebuah aplikasi berbagi informasi dengan aplikasi lainnya.

      Fitur-Fitur Android :

      • Application framework mendukung pemakaian komponen-komponen yang mudah diganti dan digunakan kembali
      • Dalvik virtual machine dioptimalkan untuk perangkat mobile
      • Integrated browser dirancang berdasarkanengine browser open source WebKit
      • Optimized graphics didukung oleh custom 2D graphics library; 3D graphics berdasarkan OpenGL ES 1.0 specification (dukungan hardware acceleration optional)
      • SQLite untuk penyimpanan database terstruktur
      • Media support : unuk mendukung berbagai audio, video, dan still image formats (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
      • GSM Telephony, Bluetooth, EDGE, 3G, and WiFi (hardware dependant)
      • Kamera, GPS, compass, and accelerometer (hardware dependant)
      • Rich development environment meliputi device emulator, tools untuk debugging, memory dan performance profiling, serta plugin untuk Eclipse IDE.


      #Disadur dari http://apac.sec.samsung.com/id/galaxyseries/

      Thursday, June 30, 2011

      Aplikasi Komputer (Pras Khusus D3 Farmasi Progsus)

      Materi Perkuliahan :
      1. Pengoptimalan Penggunaan Laptop (sudah tersedia panduannya)
      2. Pengenalan Windows Explorer (sudah tersedia panduannya)
      3. Pengenalan Ms. Word (sudah tersedia panduannya)
      4. Pengenalan Ms. Excel
      5. Pengenalan Ms. PowerPoint
      6. Pengenalan SPSS
      Materi silahkan anda download disini.

      Monday, June 6, 2011

      Mobil Impian..

      Banyak kalimat petuah yang mengajarkan untuk menuliskan segala sesuatu yang diingin agar hal tersebut tertanam di dunia bawah sadar otak kita. Tujuannya adalah agar pikiran kita, sadar dan bawah sadarnya, termotivasi untuk memenuhi impian yang telah kita tanamkan pada otak bawah sadar kita.

      Karenanya saya mencoba menuliskan beberapa mobil impian ini. Harapannya : Tentu saja.. Suatu saat saya menginginkannya.. hahahaaa.. Amin..

      Ford Raptor

      Kia Optima 2011

      Ferrari-458

      Lexus LFA

      Porsche Panamera 2011

      Terakhir, impian dari kecil : Dodge Challenger SR.

      Wednesday, May 11, 2011

      Mesin Turing untuk deteksi string input

      Aaaaaakkkhhhhh... Minggu kemarin dapat tugas Komputasi untuk membuat rancangan mesin Turing yang dapat mendeteksi string input 0 dan 1 yang berjumlah sama..

      Skenarionya : Jika inputan memiliki jumlah nol dan satu (ex : 01, 0011, 0101) maka string input tersebut diterima. Jika tidak, maka mesin turing harus Halt..

      Cukup lama untuk mencari bahan tugas tersebut, walau akhirnya dengan cukup malu, ternyata dibuku pegangan wajiblah kutemukan jawabannya.. (Padahal sumpah.. Buku tuh bolak-balik kubaca.. Tapi baru di detik terakhir kubaca dengan cermat penjelasannya.. He..)

      Anda bisa mendownload skema mesin turing tersebut di sini, dan semoga bisa membantu..

      Monday, May 2, 2011

      Praktek statistik (TI - Genap 2010/2011)

      Guys, seperti yang saya sampaikan di kelas kemarin, berikut saya postingkan beberapa untuk kita diskusikan pada tanggal 8 Mei 2011 :

      Rencana materi 14x pertemuan kita :

      Pertemuan
      Materi
      1
      Kontrak belajar dan pendahuluan (penjelasan peranan SPSS dalam penelitian)
      2
      Transformasi data dalam SPSS
      3
      Teknik membuat tabel statistik dengan SPSS
      4
      Statistik Deskriptif
      5
      One sample T Test
      6
      Paired sample T Test
      7
      Independent Sample T Test
      8
      Korelasi Bivariate
      9
      Korelasi Spearman dan Kendall
      10
      Korelasi Partial
      11
      Regresi Sederhana
      12
      Regresi Berganda
      13
      Review dan Tugas
      14
      Ujian Akhir
      1. Modul Praktikum Statistik, bisa anda download disini.
      2. Data tugas transformasi data, bisa anda download disini.
      Tugas anda adalah :
      1. Carilah mean dan median untuk setiap pertanyaan yang ada di file nomor 2 di atas.
      2. Hitunglah nilai t tabel satu sisi dan dua sisi, f tabel satu sisi dan r tabel satu sisi dan dua sisi, untuk alpha 1%, N=50, df1=1.
      ===============================================
      Guys, untuk persiapan ujian akhir praktek SPSS, berikut saya berikan contoh-contoh soal :
      1. Soal latihan analisa validitas dan reliabilitas dan simulasi analisa terkait validitas dan reliabilitas. (Bisa anda download disini).
      2. Soal latihan analisa T-Test (Bisa anda download disini
      3. Soal latihan analisa korelasi dan regresi (Bisa anda download disini
      ===============================================
      Guys, ini soal ujian kalian. Bisa didownload disini. Batas waktu pengumpulannya adalah hari Sabtu, 11 Juni 2011 jam 09.00 via email. Selamat mengerjakan..

          Saturday, March 19, 2011

          Analisa Keputusan - Genap 2010/2011

          Sumber belajar utama : Analisa Keputusan (Pendekatan Sistem dalam Manajemen Usaha dan Proyek), Penulis : Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto., M.Sc.

          Rencana Pembelajaran (Setengah Semester)
          • Deskripsi Keputusan
          • Teori Pengambilan Keputusan
          • Formalisasi Keputusan
          • Siklus Analisa Keputusan
          • Diagram Keputusan
            • Notasi
            • Penggambaran
          ===================================
          Pertemuan 1 : Pendahuluan (Definisi, sistem, review keputusan secara umum)
          Pertemuan 2 : Teori-teori pengambilan keputusan
          Pertemuan 3 : Formalisasi Keputusan
          Pertemuan 4 : Siklus Pengambilan Keputusan
          Pertemuan 5 : Diagram Keputusan
          Nilai :
          No
          Nama
          Harian
          UTS
          UAS
          1
          Ahyudin
          56
          2
          Andriyanto
          46
          3
          Ali Sofyan Marzuki
          47
          4
          Anthony Prasetya
          79
          5
          Tri Pranoto
          72
          6
          Agus Sudaryanto
          50
          7
          Tri Putra Bangsawan
          84
          Bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai kurang memuaskan, mohon untuk lebih giat lagi dalam belajarnya...
          Anda bisa mendownload jawaban mid disini.

          Pertemuan 6 : Pengantar Pengambilan Keputusan Kelompok
          Pertemuan 7 : Pengambilan Keputusan Kelompok

          Thursday, March 10, 2011

          Perancangan Sistem Informasi (TI-Genap 2010/2011)

          Guys, berikut ini saya sampaikan beberapa link untuk kalian download :



            • Nilai
            No
            Nama
            Harian
            UTS
            UAS
            1
            Ahyudin
            80
            2
            Ali Sofyan Marzuki
            62
            3
            Anthony Prasetya
            85
            4
            Tri Pranoto
            74
            5
            Agus Sudaryanto
            73
            6
            Tri Putra Bangsawan
            59
            Nilai MK ini cukup baik jika dibandingkan dengan MK lain yang saya ampu, hanya saya menginginkan ada peningkatan kinerja kalian agar nilai akhirnya bisa lebih baik.. OK?!
            Anda bisa mendownload jawaban mid disini dan mendownload contoh dokumen perancangan sistem informasi disini.

            Tuesday, March 8, 2011

            Membuat horizontal scroll bar dan vertical scroll bar

            Ketika sedang mempelajari optimasi waktu loading dari aplikasi website, terdapat banyak teknik yang bisa diterapkan pada skrip yang kita buat. Salah satunya adalah "menyembunyikan" (karena tidak persis disembunyikan aslinya) konten di dalam scroll bar.
            Nah, ternyata ada satu permasalahan yang saya hadapi. Di internet, tidak banyak tutorial yang menjelaskan cara membuat scroll bar yang mendatar (horizontal scroll bar). Karenanya saya tertarik untuk men-sharing-kannya di blog ini.
            Berikut ini adalah skrip-nya :

            <div style="border:1px solid white;width:200px;height:100px;overflow-y:hidden;overflow-x:scroll;">
            <p style="width:250%;">
            Dengan menggunakan overflow-x, kita dapat membuat scroll bar ketika kontent pada div ini lebih lebar dari pada kotakan yang kita buat. Dengan menyeting paragraf menjadi 250%, maka hal ini akan membuat content lebih lebar 250% daripada kotakannya - akibatnya hal ini akan memaksakan terjadinya overflow (menyebabkan munculnya scroll bar).
            </p>
            </div>

            Contoh tampilan : anda bisa lihat langsung pada tulisan yang saya buat ini (he..he..)

            Sedang untuk vertikal scroll bar, tidak terlalu sulit. Bahkan ada banyak sekali tutorialnya jika kita search di mbah Google. Berikut ini adalah skripnya :
            <div style="overflow:auto; width:100%px; height:200px; padding:10px; border:1px solid white">
            Jika tanpa Setingan "paksaan" di tag paragraf <p>, maka cukup mudah untuk membuat scroll bar vertikal seperti ini. Tutorial diinternetnya pun cukup banyak.
            </div>

            Hasilnya?
            Ah, anda sudah melihatnya secara langsung. He.. he..

            Cat: Anda bisa mengkreasikan besaran width dan height pada kotakan scroll bar di atas.
            Selamat mencoba..

            Monday, March 7, 2011

            Pagination dengan PHP

            Pagination atau membuat halaman adalah suatu teknik membuat segmentasi pada hasil query dari perintah SELECT.
            Seperti pada phpmyadmin yang langsung menambahkan skrip limit ketika mengeksekusi suatu pencarian atau mengeksekusi perintah SELECT. Saya baru menyadarinya.. Dan ternyata fungsinya adalah untuk mempercepat loading ketika eksekusi suatu query.
            Tujuan pagination sama persis dengan skrip limit, yaitu mempercepat loading dari pada aplikasi PHP kita..

            Berikut adalah skriptnya :
            <?
            // Halaman yang akan ditampilkan untuk pertengahan?
            $adjacents = 3;

            $sql= mysql_query("select count(a.no_bib) as jumlah from master_buku as a");
            $hitung=mysql_fetch_array($sql);
            $total_pages = $hitung[jumlah];

            /* variabel query. */
            $targetpage = "index.php"; //nama file (nama file ini)
            $limit = 5; //Jumlah record database yang akan ditampilkan setiap halaman
            $page = $_GET['page'];
            if($page)
            $start = ($page - 1) * $limit;
            else
            $start = 0;

            if ($page == 0) $page = 1;//jika variabel kosong maka defaultnya halaman pertama.
            $prev = $page - 1;//tombol prev; halaman sebelumnya
            $next = $page + 1;//tombol next; halaman berikutnya
            $lastpage = ceil($total_pages/$limit); //tombol hal terakhir
            $lpm1 = $lastpage - 1; //tombol sebelum hal terakhir (hal terakhir-1)

            $pagination = "";
            if($lastpage > 1)
            {
            $pagination .= "<div class=\"pagination\">";
            //Link halaman sebelumnya
            if ($page > 1)
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$prev\">« Prev</a>";
            else
            $pagination.= "<span class=\"disabled\">« Prev</span>";

            //halaman
            if ($lastpage < 5 + ($adjacents * 2))
            {
            for ($counter = 1; $counter <= $lastpage; $counter++)
            {
            if ($counter == $page)
            $pagination.= "<span class=\"current\">$counter</span>";
            else
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$counter\">$counter</a>";
            }
            }
            elseif($lastpage > 5 + ($adjacents * 2)) //enough pages to hide some
            {

            if($page < 1 + ($adjacents * 2))
            {
            for ($counter = 1; $counter < 4 + ($adjacents * 2); $counter++)
            {
            if ($counter == $page)
            $pagination.= "<span class=\"current\">$counter</span>";
            else
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$counter\">$counter</a>";
            }
            $pagination.= "...";
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$lpm1\">$lpm1</a>";
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$lastpage\">$lastpage</a>";
            }

            elseif($lastpage - ($adjacents * 2) > $page && $page > ($adjacents * 2))
            {
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=1\">1</a>";
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=2\">2</a>";
            $pagination.= "...";
            for ($counter = $page - $adjacents; $counter <= $page + $adjacents; $counter++)
            {
            if ($counter == $page)
            $pagination.= "<span class=\"current\">$counter</span>";
            else
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$counter\">$counter</a>";
            }
            $pagination.= "...";
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$lpm1\">$lpm1</a>";
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$lastpage\">$lastpage</a>";
            }

            else
            {
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=1\">1</a>";
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=2\">2</a>";
            $pagination.= "...";
            for ($counter = $lastpage - (2 + ($adjacents * 2)); $counter <= $lastpage; $counter++)
            {
            if ($counter == $page)
            $pagination.= "<span class=\"current\">$counter</span>";
            else
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$counter\">$counter</a>";
            }
            }
            }

            //link halaman selanjutnya
            if ($page < $counter - 1)
            $pagination.= "<a href=\"$targetpage?page=$next\">Next »</a>";
            else
            $pagination.= "<span class=\"disabled\">Next »</span>";
            $pagination.= "</div>\n";
            }

            //untuk memanggilnya, cukup meletakkan variabel $pagination pada posisi yang anda inginkan
            echo "<table width='100%' border='0'>
            <tr>
            <td>
            <div class='judul_pen'>Daftar Skripsi Mahasiswa</div><br>
            Jumlah : $total_pages Records
            </td>
            </tr>
            <tr bgcolor='#B0C4DE'><td><div align='center'>$pagination</div></td></tr>
            </table>";
            ?>

            Dan berikut ini adalah cssnya :
            div.pagination {
            padding: 3px;
            margin: 3px;
            }

            div.pagination a {
            padding: 2px 5px 2px 5px;
            margin: 2px;
            border: 1px solid #AAAADD;

            text-decoration: none; /* no underline */
            color: #000099;
            }

            div.pagination a:hover, div.pagination a:active {
            border: 1px solid #000099;

            color: #000;
            }

            div.pagination span.current {
            padding: 2px 5px 2px 5px;
            margin: 2px;
            border: 1px solid #000099;

            font-weight: bold;
            background-color: #000099;
            color: #FFF;
            }

            div.pagination span.disabled {
            padding: 2px 5px 2px 5px;
            margin: 2px;
            border: 1px solid #EEE;

            color: #DDD;
            }
            Kode css ini silahkan anda paste-kan di antara tag <head> atau anda pasang pada file css tersendiri.

            Hasilnya adalah seperti berikut :

            Sunday, March 6, 2011

            Bikin tampilan spoiler pada website kita

            Anda pernah windows shooping di Kaskus? Mungkin anda pernah melihat iklan yang disembunyikan dalam spoiler.. Sehingga informasi yang ada didalamnya dapat disembunyikan/ditampilkan. Keuntungannya adalah beban loading bisa dikurangi. Tertarik untuk menirunya? Berikut ini adalah kode htmlnya

            <div id="spoiler">
            <div><input style="font-size: 11px; font-weight: bold; margin: 5px; padding: 0px;" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')['show'].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')['show'].style.display = ''; this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')['hide'].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'TUTUP'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')['show'].style.display = 'none'; this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')['hide'].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Lihat'; }" name="button" type="button" value="Lihat" /></div>
            <div id="show" style="border: 1px solid white; display: none; margin: 5px; padding: 2px; width: 98%;">
            <div style="color: #000000; background: none repeat scroll 0% 0% #ebf3fb; border: 1px solid #aaccee; padding: 7px; margin: 0px;">
            <p style="text-align: justify;">
            Pesan anda
            </p>
            </div><div id="hide"></div></div></div>