Thursday, October 8, 2009

Cerita suka-duka maintenance website akademik

Beberapa waktu yang lalu, website yang saya kelola diserang Trojan. Beberapa kali saya perbaiki, entah apa penyebabnya, hanya dalam hitungan belasan jam website tersebut sudah kembali menampilkan error string. Trojan tersebut merubah skrip beberapa file php. Mpuuuhaah… Sampe jengkel saya memperbaikinya.

Laporan ke pihak hosting pun mereka hanya menyarankan hal-hal standard dalam memperbaiki website tersebut. Usut punya usut, dari cerita dengan teman-teman ditempat kuliah (ceile… mahasiswa lagi ceritanya…) ternyata banyak teman-teman yang satu hosting juga mengalami hal yang sama.. Walamaak…. Berarti kalo gitu analisa bahwa web saya yang di Trojan keliru… Yang terjadi adalah server di tempat hosting yang dihack, kemudian di dalam server tersebut sudah mengendon Trojan dengan nyamannya.

Sementara waktu, dengan laporan pada sipengelola hosting dan mengganti password cpanel web yang saya kelola, maka amanlah website tersebut dari perubahan skrip yang menyebalkan tersebut.

Tapi…..
Sesaat sewaktu akan mengupload ucapan selamat idul fitri di website tersebut, tampilan website sudah berubah lagi menjadi gambar kepala orang dengan latar belakang bendera turki..

Gubrakk…. Server hosting di hack lagi..
Entah kenapa, pengelola hosting kelihatannya libur lebaran cukup panjang. Hingga saya masuk kantor lagi, tuh server masih mengibarkan bendera turki. Belum berganti menjadi tampilan website yang berciri khas gelap favoritku..

Hingga akhirnya... Habislah masa kontrak hosting per tanggal 30 September 2009. Akibatnya hampir 1 bulan website yang saya kelola tidak menyapa para netters.

Memang mengelola website banyak cerita suka dan duka, walaupun tidak bisa diaksesnya website tersebut sudah diluar kemampuan saya untuk memperbaikinya. Teguran dan cibiran tak ayal mampir ke telinga saya.. Tapi tak apa, daripada dimasukin ke ati, mending saya cerita untuk para netters semua..

Salam perjuangan..

No comments:

Post a Comment