Thursday, October 8, 2009

Prosedur Daftar Domain dan Hosting Website

Setelah sedikit kecewa dengan hosting lama, akhirnya saya dan tim memutuskan untuk pindah hosting (hosting adalah menyewa ruangan harddisk komputer server pada suatu perusahaan jasa teknologi informasi; Biasanya ada banyak pilihan lokasi komputer server). Setelah googling dan mencari referensi, akhirnya saya putuskan untuk sewa hosting di Dijaminmurah.com (http://dijaminmurah.com)

Walau tidak semurah dibandingkan hosting lama, karena rekomendasi dari adik, rasa sreg untuk hosting di DJ (nickname dari Dijaminmurah.com) semakin kuat. Saya dan teman-teman mengambil paket Entreprise dengan lokasi penyimpanan server di gedung cyber IIX (Indonesia Internet Exchange).



Alasannya simpel saja, selain memperhitungkan faktor jarak route dari pengakses ke komputer server, juga karena alasan nasionalisme. Daripada memberikan keuntungan pada orang asing, mending pada saudara se Indonesia (he...he...)

Dengan mentransfer uang sejumlah Rp. 365.000, saya diberikan space harddisk sebesar 500MB dengan kuota maksimal transfer bandwith sebesar 30GB/bulan. Sedangkan untuk domainnya saya transferkan langsung ke PANDI tanpa melalui perantara. Rp. 50.000 untuk kepemilikan alamat selama 1 tahun.

Oya, PANDI adalah suatu badan hukum yang dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi yang salah satu tugasnya adalah mengelola nama domain internet indonesia. Jadi, jika kita menginginkan mempunyai website berakhiran .co.id atau .ac.id atau semua domain yang berakhiran .id, maka kita bisa mendaftarkan kepemilikan alamat tersebut di website PANDI (https://register.pandi.or.id).

Mendaftarkan kepemilikan alamat website di PANDI
  1. Akses alamat https://register.pandi.or.id
  2. Akses alamat https://register.pandi.or.id

1 comment: