Sistem pembelajaran yang akan diterapkan pada praktikum kali ini adalah banyak mengerjakan contoh soal. Softcopy contoh soal dan panduan praktikum dapat anda download disini.
Adapun tujuan dan kompetensi yang ingin dicapai dari setiap latihan soal, adalah sebagai berikut :
Latihan 1
- Menguasai penataan kertas/halaman, seperti : ukuran kertas, margin/batas tepi kertas, orientasi kertas
- Menguasai pengaturan jarak/spasi antar baris
- Menguasai pengetikan cepat
- Menguasai teknik pengimpanan file ke harddisk dengan ketentuan : disimpan pada folder pribadi.
- Mengulang penguasaan kompetensi pada latihan 1.
- Menguasai teknik penulisan superscripts dan subscripts. Contohnya pada pengetikan kuadrat atau rumus kimia.
- Menguasai teknik tebal-tipisnya huruf, garis bawah, cetak miring, jenis huruf, ukuran huruf, dll.
- Mengulang penguasaan kompetensi pada latihan 1 dan 2.
- Mampu memperkirakan jarak antar baris/jarak spasi
- Menguasai teknik alignment, seperti cetak tengah, cetak rata kanan, cetak rata kanan-kiri.
- Menguasai teknik tabulasi.
- Pesan : bacalah terlebih dahulu teori yang disertakan, baru kemudian cobalah latihan membuat tabel mahasiswa dengan saldo rekeningnya dengan teknik tabulasi.
- Menguasai teknik membuat daftar isi.
- Menguasai teknik numbering setiap bab secara otomatis.
- Menguasai teknik numbering setiap sub-bab secara otomatis.
- Menguasai teknik membuat titik-titik pada setiap baris secara otomatis
- Menguasai teknik pembuatan daftar pustaka.
- Menguasai teknik pembuatan tabel.
- Menguasai teknik penggabungan baris atau penggabungan kolom pada sebuah tabel.
- Mengulang kompetensi penguasaan teknik superscripts dan subscripts.
- Menguasai teknik pembuatan chart atau grafik pada Microsoft Word
- Menguasai teknik pembuatan alur dengan kombinasi gambar dan tulisan
- Pesan : Di bawah contoh soal yang harus dikerjakan terdapat panduan membuat shape (bentuk gambar) dan panduan membuat tulisan dalam gambar.
- Menguasai teknik pembuatan iklan / pamflet dengan menggabungkan tulisan dan gambar serta kotakan yang berisi teks.
No comments:
Post a Comment